“Good Jobs” Pasca AI, Tantangan Pasar Modal SGX & BEI & Kinerja Reksa Dana Amerika Serikat vs Reksa Dana Asia Tenggara dengan Shiyan Koh - E431

· Podcast Episodes Indonesian,VC and Angels,Southeast Asia,USA

 

"‘Apa itu pekerjaan yang baik?’ adalah pertanyaan yang menarik. Ketika kita berbicara tentang apa yang membuat hidup memuaskan, ada tiga elemen kunci: otonomi, penguasaan, dan tujuan. Orang tua sering kali berpikir tentang 'pekerjaan yang baik' dalam hal bagaimana pekerjaan itu membantu kita menghasilkan uang, tetapi itu bukan gambaran keseluruhannya. Jika biaya turun secara signifikan di berbagai bidang, hal ini membuka peluang baru untuk menciptakan pekerjaan yang baik bagi diri kita sendiri. Seperti yang disoroti Girdley, kewirausahaan telah menjadi pilihan yang layak. Biaya yang lebih rendah memungkinkan orang untuk membangun bisnis dengan sumber daya yang lebih sedikit. Kewirausahaan pada dasarnya menawarkan otonomi-Anda menjalankan bisnis Anda sendiri; penguasaan-Anda dapat terus berkembang dan menghindari stagnasi; dan tujuan-Anda merancang bisnis dan kehidupan yang sesuai untuk Anda." - Shiyan Koh

 

"Hal yang telah kita bahas sebelumnya adalah bahwa kita kekurangan banyak perusahaan di tengah-tengah. Kita memiliki banyak sekali startup tahap awal dan beberapa perusahaan raksasa, namun inti dari ekosistem inovasi ada di perusahaan menengah. Perusahaan-perusahaan menengah dan hasil-hasilnya mungkin tidak masuk ke NASDAQ, tetapi mereka penting karena mereka sering diakuisisi, membantu mendaur ulang talenta dan pengalaman melalui ekosistem, dan menyediakan opsi likuiditas yang penting. Ada pertanyaan apakah ada upaya untuk membangun bursa regional, mengingat semua orang fokus untuk mendominasi bursa lokal mereka?" - Shiyan Koh

 

"Keyakinan saya adalah bahwa masih banyak yang harus dibangun di ekosistem Asia Tenggara. Saya sangat senang dengan munculnya semua alat LLM dan AI mengingat peran Asia Tenggara dalam call center, BPO, dan industri layanan lainnya. Ada peluang untuk membangun perusahaan yang sangat menarik dengan memanfaatkan alat-alat ini. Sebuah statistik menarik yang saya dengar, dan saya ingin tahu analis mana yang menggali hal ini, adalah jika Anda menjumlahkan pendapatan semua perusahaan SaaS yang diperdagangkan secara publik tahun lalu, itu lebih kecil daripada pendapatan empat firma akuntansi besar. Hal ini menarik karena layanan telah cukup sulit ditembus oleh perangkat lunak. Ada banyak sekali pekerjaan yang secara historis terlalu bernuansa untuk diotomatisasi." - Shiyan Koh

Shiyan Koh, Managing Partner Hustle Fund, dan ​​Jeremy Au membahas tiga tema utama:

1. Kinerja Dana Investasi Amerika Serikat vs Asia Tenggara: Laporan ekuitas swasta Bain tahun 2023 menunjukkan bahwa imbal hasil VC di Asia Tenggara lebih rendah selama satu dekade terakhir, dengan median distribusi LP sebesar 0,4X untuk Asia Tenggara, Cina 0,6X, Eropa 0,7X, Amerika Serikat 1X, dan India 1,3X. Shiyan mengaitkan hal ini dengan kelebihan pasokan modal - meskipun terjadi peningkatan modal ventura yang sangat besar di Asia Tenggara, masuknya modal ventura ini tidak menyebabkan peningkatan yang proporsional pada perusahaan-perusahaan yang terukur dan sukses, sehingga menyebabkan penilaian yang melambung tinggi dan pengembalian yang berkurang.

2. Tantangan Pasar Modal SGX & BEI: Jeremy dan Shiyan meneliti rintangan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara dalam mengakses pasar modal. Jeremy mencatat rendahnya likuiditas di bursa lokal, dengan tingkat perputaran 32% di Singapura, 19% di Indonesia, dan 73% di Filipina, dibandingkan dengan 103% di New York Stock Exchange. Shiyan menekankan bahwa kendala peraturan lokal, seperti persyaratan Bursa Efek Singapura untuk profitabilitas (untuk melindungi investor ritel), menghalangi banyak perusahaan rintisan teknologi, sehingga mendorong mereka untuk mencari listing internasional, terutama di AS, di mana mereka dapat mendaftar dengan valuasi yang lebih tinggi meskipun mengalami kerugian. Mereka juga membahas peran kontrol modal dalam membatasi akses investor ritel ke ekuitas luar negeri di Cina dan India, yang mendorong permintaan untuk pencatatan saham domestik.

3. “Pekerjaan yang Baik” Pasca-AI: Jeremy dan Shiyan meneliti dampak AI terhadap pasar tenaga kerja di Asia Tenggara, dengan fokus pada bagaimana mengintegrasikan AI dengan tenaga kerja berbiaya rendah dapat menciptakan keunggulan kompetitif terhadap model yang murni digerakkan oleh AI di Amerika Serikat. Shiyan menyarankan bahwa mengembangkan perusahaan yang menggunakan AI dapat mendorong inovasi di sektor layanan seperti pusat panggilan dan alih daya proses bisnis (BPO). Mereka juga menyinggung konsep “mangkuk nasi besi”-sebuah metafora untuk keamanan dan stabilitas pekerjaan di sektor tradisional, seperti peran yang berhubungan dengan pemerintah, yang mungkin tidak terlalu terpengaruh oleh AI. Mereka mencatat bahwa meskipun AI dapat membuat beberapa peran menjadi usang, terutama yang melibatkan tugas-tugas yang berulang, AI juga dapat membuka peluang baru dengan mengotomatisasi aspek rutin pekerjaan, sehingga meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Jeremy dan Shiyan juga berbicara tentang pentingnya perusahaan skala menengah untuk mendaur ulang talenta, peran AI di bidang kreatif, dan bagaimana tren ekonomi global berdampak pada penggalangan dana bagi para pendiri perusahaan di kawasan ini.

Didukung oleh Heymax!

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan perjalanan kelas bisnis gratis ke Jepang setiap tahun dengan heymax.ai? Heymax adalah aplikasi hadiah di mana 500 merek seperti Apple, Shopee, Amazon, Agoda, dan bahkan bank memberi Anda penghargaan atas kesetiaan Anda dengan berkontribusi terhadap liburan impian Anda. Melalui aplikasi Heymax, setiap transaksi yang Anda lakukan akan memberi Anda Max Miles, yang dapat Anda tukarkan dengan perjalanan gratis di lebih dari 25+ mitra maskapai penerbangan dan hotel. Daftar di heymax.ai sekarang untuk mendapatkan 1.000 Max Miles - ubah transaksi harian Anda menjadi liburan impian!

Bisnis Anda juga dapat memanfaatkan mata uang loyalitas yang sangat hemat biaya dan diinginkan yang disebut Max Miles yang tidak memiliki masa berlaku, tanpa biaya, dan dapat ditransfer secara instan 1 banding 1 ke 24 maskapai penerbangan dan hotel untuk mendapatkan pelanggan baru dan mendorong penjualan berulang tanpa perlu integrasi. Hubungi joe@heymax.ai dan sebutkan BRAVE untuk meningkatkan permainan reward Anda dan mengurangi biaya.

(02:25) Jeremy Au:

Hei, Shiyan.

(02:26) Shiyan Koh:

Bagaimana kabarmu, Jeremy?

(02:27) Jeremy Au:

Baik. Saya senang bisa kembali ke dunia nyata. Saya baru saja kembali dari dua minggu di militer Singapura.

(02:32) Shiyan Koh:

Apakah berat badan Anda turun saat Anda menjadi tentara cadangan? Berbaris di hutan?

(02:36) Jeremy Au:

Saya dulu.

(02:37) Shiyan Koh:

Bukankah itu yang Anda lakukan?

(02:38) Jeremy Au:

Jadi ketika saya berusia 18, 21 tahun, saat itulah saya benar-benar melakukan banyak kegiatan di hutan, banyak berolahraga, dan sekarang sebagai orang dewasa paruh baya, saya menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC, tentu saja bekerja dengan komputer dan PowerPoint, Excel, dan pada dasarnya ketika mereka menempatkan saya kembali untuk penempatan saya yang baru, saya pada dasarnya ditempatkan di divisi perencanaan, seperti senior yang sangat tinggi. Jadi, saya memulai hari Senin saya di militer di ruangan ber-AC lain dengan komputer dan PowerPoint dan Excel.

(03:05) Shiyan Koh:

Tidak, mengecewakan.

(03:06) Jeremy Au:

Saya tahu, kan? Dan kemudian mereka memberi saya makan dengan cara yang sama seperti memberi makan anak berusia 18 tahun. Jadi seperti banyak nasi, banyak ayam dan ikan dan es krim dan makanan ringan, roti gulung dan biskuit. Saya merasa, Oh, ini luar biasa. Saya makan seperti anak muda lagi, kecuali saya tidak. Anda tahu, saya berada di tubuh yang sudah tua ini dan masih melakukan pekerjaan di kantor. Ya. Jadi saya seperti, saya sedang makan untuk sarapan, seperti nasi padang, yang seperti nasi dan teman-teman saya seperti, apa yang kamu lakukan? Dan saya seperti, ya, saya tidak diperbolehkan makan ini di rumah. Dan itu terlalu banyak karbohidrat dan santan. Itu adalah liburan mini kecil saya. Ya.

(Shiyan Koh:

Itu lucu. Astaga, kau membuatku lapar. Saya sudah berada di AS selama tiga minggu dan saya hanya ingin makan nasi padang.

(03:47) Jeremy Au:

Ya. Saya tahu itu semua adalah barang yang tidak bisa kamu temukan. Jadi ya. Apa yang sedang kamu lakukan di Amerika sekarang?

(03:51) Shiyan Koh:

Maksud saya, kami mengadakan US Camp Hustle. Ini adalah konferensi investor yang kami selenggarakan setiap tahun dan ini adalah ketiga kalinya kami melakukannya. Jadi, acara ini menjadi lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Kami membawa tim kami ke luar negeri dan kemudian kami mengadakan banyak pertemuan dan mengambil kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang, bertemu dengan para pendiri, dan berhubungan kembali dengan investor lain yang bekerja sama dengan kami.

Jadi ini merupakan perjalanan yang cukup panjang dan setiap kali saya datang ke sini, saya tidak makan apapun karena saya akan kecewa. Jadi saya sudah makan guacamole sekitar lima kali, dan saya sudah makan banyak salad kangkung, buah-buahan dan sayuran terasa lebih enak di sini, tapi saya akan segera naik pesawat, dan saya pasti akan pulang ke rumah dan makan bachamee, dan sangat senang karenanya.

(04:29) Jeremy Au:

Ya, itu semua adalah makanan yang enak. Jadi, Anda tahu, Anda dan saya sedang mengobrol, bukan? Dan kami membandingkan ekosistem teknologi Asia Tenggara dengan Amerika Serikat, yang selalu menjadi pertanyaan umum karena saya rasa Anda dan saya memiliki pengalaman di kedua ekosistem teknologi tersebut. Saya rasa salah satu yang baru saja muncul baru-baru ini adalah Terrence Lee, pemimpin redaksi Tech in Asia, pada dasarnya menulis sebuah catatan editorial dan dia pada dasarnya mengatakan, Hei, dia cukup bearish tentang Asia Tenggara sebagai sebuah pasar tunggal.

Dan saya rasa dia membuat grafik yang akan kami tampilkan di visual podcast, tapi juga di blog, tapi pada dasarnya grafik tersebut membandingkan distribusi median, bukan? Jadi berapa banyak uang yang dihasilkan oleh dana VC, bukan? Dan pada dasarnya itu menunjukkan bahwa selama delapan sampai 10 tahun terakhir, tahun 2013 sampai 2015, Amerika Serikat sekitar 1X, India sekitar 1,3X. Eropa sekitar 0,7X. Tiongkok sekitar 0,6X. Dan Asia Tenggara adalah yang terburuk, yaitu sekitar 0,4X. Jadi ini berasal dari kolaborasi Bain di bidang ekonomi. Laporan Asia Tenggara 2023, dan pada dasarnya ini seperti mengatakan, dan cara mengatakannya seperti dana VC tidak berkinerja baik secara historis di Asia Tenggara.

(05:31) Shiyan Koh: Ya.

Saya rasa ada beberapa hal yang bisa digali di sana, yaitu, bagaimana sebenarnya pembangunan dan pengembangan perusahaan yang terjadi. Yang kedua adalah bagaimana kinerja dana ventura karena menurut saya keduanya terkait, tapi bukan hal yang sama. Jadi menurut saya satu hal yang perlu diperhatikan adalah antara tahun 2024 versus 2004, jumlah dana ventura, 10 X. Jadi ada seperti di, saya melihat statistik untuk Amerika Serikat dan menurut saya statistik untuk Asia Tenggara lebih mencolok lagi, bukan? Ada peningkatan yang lebih besar lagi dalam jumlah dolar yang mengalir ke dalam ekosistem. Dan menurut saya, apakah itu berarti ada 10X lebih banyak pendiri, 10X lebih banyak perusahaan yang dapat didukung? Jika kita hanya menggunakan yang di Amerika Serikat, karena 10X adalah angka yang bagus. Dan saya rasa jawabannya mungkin tidak. Lalu apa yang terjadi, bukan? Kita semua berbicara tentang ZURP, tetapi dampaknya adalah perusahaan mengumpulkan lebih banyak uang dengan valuasi yang lebih tinggi daripada yang akan mereka dapatkan di lingkungan yang lebih terbatas modal, yang menurunkan imbal hasil.

Jadi saya rasa dampak tersebut mungkin diperburuk di Asia Tenggara juga, di mana saya rasa jika Anda pernah melihat grafik penggalangan dana, Anda akan melihat grafiknya, bukan? Sebagian besar dana tersebut masuk ke sejumlah kecil perusahaan. Jadi saya pikir ada semacam matematika di sana, hukum yang berlaku di sana, sangat sulit untuk mengubah jumlah yang besar menjadi jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah yang kecil menjadi jumlah yang menengah. Jadi saya pikir itu adalah satu hal yang terjadi, seperti halnya hal-hal lucu tentang usaha. Dan saya pikir pertanyaan yang terpisah dan lebih menarik adalah seputar oke, apakah menurut Anda perangkat lunak dan internet serta teknologi, dapatkah Anda membangun perusahaan besar, hasil yang berskala besar, dan apakah lebih mudah atau lebih sulit untuk dilakukan di AS? Saya pikir membangun perusahaan tidak pernah mudah, poin pertama, namun ada tantangan di kedua skenario, yang mana, saya pikir di Asia Tenggara, kita suka membicarakannya sebagai sebuah wilayah, namun kenyataannya tidak demikian. Ada enam pasar inti, 10, 11, saya kira kita bisa memasukkan Timor Leste secara keseluruhan. Semuanya sangat berbeda, mata uang yang berbeda, bahasa yang berbeda, hukum yang berbeda, sehingga Anda tidak akan mendapatkan skala ekonomi yang sesuai dengan bisnis yang Anda bayangkan saat Anda berpikir untuk melakukan ekspansi, karena setiap kali Anda meluncurkan negara baru, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk hal tersebut.

Dan kemudian, AS merupakan negara tunggal, mata uang tunggal, dan bahasa tunggal. Saya pikir tingkat persaingannya lebih tinggi. Dan itu juga bukan perbandingan yang tepat. Tapi itu benar, bukan? Anda lebih suka memiliki 300 juta orang dengan PDB per kapita 45 ribu atau apa yang kami sebut sebagai 600 juta orang, tetapi sebenarnya PDB per kapita adalah antara seribu hingga 60.000 atau berapa pun angka untuk Singapura saat ini, kecuali hanya ada 5 juta orang. Menurut saya ini adalah komentar yang adil, tapi menurut saya mereka hanya, mereka tidak benar-benar sama persis.

(08:05) Jeremy Au:

Anda tahu, Anda telah mengingatkan saya bahwa kita telah membahas topik ini dalam berbagai format dan saya merasa media seperti mengejar ketertinggalan dari beberapa kesulitan. Dan saya rasa sebagian dari hal ini, seperti yang Anda katakan, adalah kelebihan pasokan modal dibandingkan dengan kesempatan yang ada. Dan sekarang saya rasa orang-orang tiba-tiba mencoba untuk membangun ekosistem yang lain dan mengejar ketertinggalan. Jadi melatih para pendiri, mendapatkan pedoman yang tepat, menjelaskannya, keterampilan ini tidak benar-benar berhasil di berbagai negara, setidaknya tidak semudah yang Anda pikirkan. Jadi saya rasa ada banyak dinamika yang saya rasa mulai lebih dihargai. Hal ini mengingatkan saya pada laporan Bain yang baru saja dirilis.

Jadi saya hanya akan melihat komputer di sini. Dua rekan lama saya di Bain, Suvir Varma dan Usman Akhtar. Jadi mereka berdua adalah mitra di Bain Southeast Asia Private Equity Practice. Dan menurut saya, hal yang menarik adalah mereka mengidentifikasi sesuatu yang sudah sering kita bicarakan, yaitu perlunya pasar modal lokal yang lebih kuat. Jadi jelas sebagian besar perusahaan teknologi di Asia Tenggara menuju ke New York atau Bursa Efek Amerika Serikat, namun untuk investor ritel, cakupannya cukup lemah. Jadi bursa saham lokal adalah salah satu jalan keluar untuk ekuitas swasta dan juga VC, tetapi sayangnya, kecepatan bursa saham di wilayah ini relatif rendah, bukan?

Jadi New York Stock Exchange sebagai benchmark adalah sekitar 103%. Sedangkan Bursa Efek Singapura sekitar 32%. Kemudian Bursa Efek Indonesia sekitar 19%. Dan kemudian Filipina berada di 73%, dan tentu saja, Shanghai berada di 192%, tetapi pada dasarnya ini mengatakan bahwa ada banyak aktivitas pelatihan dari investor ritel dan institusional, dan itu menciptakan kemampuan untuk ekuitas swasta secara umum, seluruh kelas aset untuk dapat keluar di, Anda tahu, perusahaan lokal Anda di Indonesia, maka mungkin tempat yang paling alami bagi Anda untuk mendaftar adalah di Bursa Efek Indonesia.

(09:39) Shiyan Koh:

Ya, maksud saya, menurut saya, Bursa Efek China adalah yang terbesar ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar. Saya tahu mereka memiliki tiga bursa, bukan? Papan utama. Dan kemudian mereka memiliki dua bursa yang lebih kecil untuk perusahaan-perusahaan kecil dan perusahaan rintisan. Dan belum lagi bursa Hong Kong, yang merupakan pasar keempat yang tersedia bagi perusahaan-perusahaan Cina untuk go public. Saya pikir ada juga peran kontrol modal, yaitu untuk ritel Cina dan ritel India, mereka sebenarnya jauh lebih terbatas dalam hal kemampuan mereka untuk mengakses ekuitas luar negeri. Jadi mereka membutuhkan, mereka menuntut suatu tempat untuk menempatkan tabungan mereka. Jadi, mereka benar-benar masuk ke penawaran domestik, yang merupakan bagian yang sangat penting dari siklus modal tersebut.

Dan saya pikir ini adalah hal lain yang mungkin telah kita bicarakan sebelumnya, tetapi kita kekurangan banyak perusahaan di tengah-tengah. Kita memiliki banyak sekali perusahaan rintisan tahap awal, dan kemudian kita memiliki beberapa perusahaan raksasa, tetapi sebenarnya jantung dari ekosistem inovasi adalah perusahaan menengah. Dan perusahaan-perusahaan menengah dan hasil-hasil menengah itu tidak akan masuk ke NASDAQ, tetapi mereka penting karena mereka bisa dibeli, atau benar-benar mendaur ulang talenta dan pengalaman melalui ekosistem. Dan mereka memberikan opsi likuiditas menengah yang cukup. Jadi ya, saya setuju. Ini seperti, poin yang sangat bagus, tapi saya tidak tahu. Saya rasa saya mungkin harus belajar lebih banyak tentang hal ini, tapi saya tidak tahu. Apakah ada upaya untuk mencoba membangun bursa regional di mana setiap orang mencoba untuk mendominasi bursa lokal mereka sendiri?

(10:54) Jeremy Au:

Ya, saya senang berbagi lebih banyak tentang itu. Maksud saya, saya rasa Anda tahu, pertama-tama, saya setuju dengan Anda mengenai kontrol modal dan kelebihannya. Saya pikir Bursa Efek India telah menjadi tujuan bagi banyak perusahaan rintisan India. Saya pikir ini juga menjelaskan banyak kegembiraan karena saya pikir orang-orang merasa seperti, Hei, ketika Anda membangun sebuah startup di India, maka Anda memiliki kesempatan untuk mendaftar di Bursa Efek India, tetapi juga kemampuan untuk mendaftar di Bursa Efek Amerika Serikat jika Anda perlu. Namun, jalur meluncur seperti itu tampaknya tidak terlalu cocok untuk startup di Asia Tenggara.

Jadi sekali lagi, ini seperti menjadi besar atau benar-benar pulang ke rumah dalam pengertian tersebut. Saya pikir Bursa Efek Singapura adalah tempat yang tepat untuk bursa saham regional. Maksud saya, Singapura adalah sebuah pusat. Singapura memiliki banyak kepadatan finansial dalam hal ini, karena ketika Anda berpikir tentang bursa saham, bukan hanya investor ritel, tetapi juga institusi yang melakukannya. Anda membutuhkan analis pasar untuk menulis laporan, seperti memulai liputan atau melanjutkan liputan seperti, Hei, apakah Anda harus membeli atau menjual? Dan tentu saja, Anda membutuhkan daftar, Anda membutuhkan pasokan perusahaan-perusahaan yang muncul untuk membangkitkan gairah, dan seterusnya. Jadi, ini sedikit mirip dengan, sebut saja pasar dua sisi, atau pasar tiga sisi. Namun saya rasa Anda perlu membuat roda gila itu benar-benar berjalan. Dan saya rasa Bursa Efek Singapura benar-benar fokus untuk melindungi investor Singapura dan ritel. Jadi mereka tidak ingin perusahaan yang merugi masuk ke dalam daftar katalisator di Bursa Efek Singapura, tetapi ada banyak sekali aturan yang pada dasarnya menyulitkan perusahaan teknologi berukuran besar yang belum pernah merugi untuk masuk ke dalam Bursa Efek Singapura.

Dan pada dasarnya saya mungkin harus mencari angka pastinya nanti. Pada dasarnya, saya pikir apa yang saya dengar dari banyak pendiri adalah bahwa peraturan untuk Bursa Efek Singapura adalah saya bisa mendaftar dengan valuasi yang lebih rendah, tetapi saya harus untung. Namun, di sini sangat dekat dengan Amerika Serikat, di mana saya masih bisa membakar uang tunai bersih dan saya bisa mencatatkan saham dengan pendapatan yang lebih tinggi. Jadi rasanya seperti saya mungkin lebih baik melangkah selangkah lebih maju dan memilih sisi AS, dan terus melaju di jalur mesin pertumbuhan dan AS sehingga Anda akhirnya melewatkan Bursa Efek Singapura karena tidak menyediakan jalan keluarnya. Dan jelas saya rasa Anda bisa melihat dinamika di sini, yaitu saya bisa membayangkan pemerintah Singapura seperti, mari kita lindungi investor ritel. Dan sisi lainnya sangat banyak, tetapi mengapa kita harus merepotkan Bursa Efek Singapura jika saya harus memiliki ukuran dan laba bersih sebesar ini untuk meningkatkan modal?

(12:51) Shiyan Koh:

Saya kira satu lagi yang belum kita bicarakan adalah ASX, bursa Australia. Dan ada beberapa pemain yang telah menempuh jalur itu juga.

(12:58) Jeremy Au:

Ya. Bursa Efek Australia sering menjadi cerita besar, bukan? Untuk banyak dana VC Australia, saya pikir mereka merasa nyaman dengan itu sebagai tujuan. Apa saja perusahaan yang terdaftar di ASX?

(13:08) Shiyan Koh:

Saya rasa iproperty, Atlassian sudah ada di sana sebelumnya, bukan? Mereka pindah ke bursa AS.

(13:13) Jeremy Au:

Ya. Nol.

(13:14) Shiyan Koh: Nol, tapi ini perusahaan Kiwi, mereka ada di bursa Selandia Baru.

(13:18) Jeremy Au:

Sangat bersemangat untuk ekosistem teknologi Asia Tenggara. Baru saja ada berita buruk. Semua orang seperti, saya mendengarkan podcast ini sekarang. Dan saya seperti, oke, saya harus berhenti mendengarkan podcast ini dan kembali mendengarkan podcast yang tenang atau podcast perusahaan AS lainnya.

(13:29) Shiyan Koh:

Keyakinan saya adalah bahwa masih ada banyak hal yang harus dibangun di ekosistem Asia Tenggara. Dan saya sebenarnya cukup bersemangat, dengan munculnya semua alat LLM dan AI dan mengingat peran Asia Tenggara dalam call center, BPO, dan jenis industri layanan lainnya, saya pikir ada peluang untuk membangun perusahaan yang sangat menarik dengan memanfaatkan alat-alat ini. Jadi, ini adalah statistik yang menarik yang saya dengar, dan saya mencoba, entah analis mana yang harus mencari tahu tentang hal ini. Jika Anda menjumlahkan pendapatan semua perusahaan SaaS yang diperdagangkan secara publik tahun lalu, itu lebih kecil daripada pendapatan empat firma akuntansi besar. Dan, menurut saya ini adalah hal yang menarik karena layanan sebelumnya cukup sulit ditembus oleh perangkat lunak, bukan? Ada satu kelas pekerjaan yang pada dasarnya secara historis terlalu bernuansa untuk diotomatisasi, seperti halnya setiap kasus di setiap sudut. Jadi, bahkan jika Anda berkata, oke, berapa pendapatan Salesforce tahun lalu? Salesforce adalah penyedia CRM yang dominan. Sekitar berapa, 60 miliar? Tapi coba pikirkan semua pelanggan Salesforce, semua tenaga penjualan yang menggunakan Salesforce dan Anda mengalikannya dengan gaji tenaga penjualan tersebut, bukan? Jumlahnya sangat besar, jadi jika Anda bisa mulai mengotomatisasi hal-hal tersebut, itu sebenarnya adalah peluang yang sangat besar. Saya rasa hal itu semakin mungkin dilakukan. Jadi, saya pikir untuk Asia Tenggara adalah memikirkan hal-hal apa saja di tingkat aplikasi yang akan Anda lakukan dengan alat-alat baru ini dan jenis bisnis yang dapat Anda bangun dengan tumpukan manusia dan AI yang terintegrasi penuh.

Dan ini sangat menarik. Saya telah melakukan banyak percakapan dengan para pendiri selama beberapa minggu terakhir sejak saya berada di sini, di mana mereka berkata, apakah saya harus membangun co-pilot untuk X? Atau haruskah saya keluar dan membangun perusahaan full stack? Apakah saya lebih baik mencoba menjual sebuah alat kepada orang-orang yang sudah tua? Atau Hei, saya harus membangun perusahaan AI-native sejak hari pertama dan mengambil seluruh keuntungannya sendiri? Jadi saya tidak berpikir bahwa itu seperti malapetaka dan kesuraman tentang Asia Tenggara, karena satu hal yang kita miliki adalah kita memiliki biaya tenaga kerja yang jauh lebih rendah. Jadi, apakah Anda lebih suka jika Asia Tenggara plus AI bersaing dengan harga sepertiga dari harga Amerika plus AI, itu pendapat saya, Jeremy.

(Jeremy Au:

Ya, saya tahu. Argumen tandingan saya adalah bahwa AI jauh lebih murah daripada tenaga kerja murah mana pun yang memiliki struktur biaya tetap yang tinggi, dengan biaya marjinal yang sangat rendah. Jadi, AS, AI, full stack, saya akan bersaing. Tenaga kerja Asia Tenggara ditambah AI, siapa yang tahu?

Maksud saya, saya pikir dunia sudah sangat mengglobal, namun hal ini mengingatkan saya pada perdebatan yang sudah mulai kita bahas di obrolan ini, bukan? Pekerjaan apa yang bagus? Dan saya rasa beberapa bisnis mengirim pesan kepada kami, Hei, Shiyan, kamu dan saya sedang berdiskusi tentang pekerjaan yang baik yang harus diperjuangkan oleh para orang tua untuk anak-anak mereka.

Dan kami seperti, memiliki sedikit hal tersebut, jadi saya rasa orang-orang hanya ingin mendengar lebih banyak tentang hal itu. Apa pekerjaan yang baik dalam konteks Asia Tenggara? Saya rasa hal ini dipicu oleh tweet serupa dari Michael Girdley. Jadi tesisnya adalah dia berpikir bahwa tren besar dari perspektif Amerika Serikat adalah globalisasi tenaga kerja, re-industrialisasi Amerika Serikat, menyusutnya angka kelahiran, munculnya AI, dan meningkatnya pengeluaran pemerintah Amerika Serikat. Jadi, dia bearish pada pengembang perangkat lunak mandiri, akuntan, desain grafis, layanan pelanggan, dan pengacara. Dan kemudian dia bullish pada apa pun yang terkait dengan kontrak pemerintah atau pekerjaan pemerintah, perawatan kesehatan, teknik berisiko tinggi, seperti kewirausahaan kedirgantaraan, dan apa pun yang menyentuh hal-hal fisik, dan yang terakhir, manajemen keuangan dan kekayaan. Jadi bagaimana menurut Anda?

(16:37) Shiyan Koh:

Maksud saya, saya pikir beberapa di antaranya adalah tema-tema universal, bukan? Kami memiliki istilah dalam bahasa Mandarin “Mangkuk Nasi Besi”. Jadi saya pikir orang-orang selalu berbicara tentang mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pemerintah dengan cara seperti itu. Jadi saya mendukung hal tersebut. Saya pikir globalisasi adalah tren bagi semua orang, bukan hanya orang Amerika. Hanya saja orang Amerika memulai dengan basis biaya yang lebih tinggi, bukan? Jadi bagi mereka, persaingan datang dari bawah. Dan kemudian, saya pikir pada dasarnya, jika pekerjaan mengharuskan melakukan sesuatu yang berulang-ulang, ditambah lagi jika keunggulan dalam pengulangan itu adalah kemampuan bahasa Anda, itu mungkin akan hilang, bukan? Saya setuju dengan hal itu. Saya rasa, meskipun kita lupa bahwa sebagian besar pekerjaan di bidang ekonomi berhubungan dengan hal-hal yang berhubungan dengan orang dan fisik. Anda adalah seorang terapis fisik. AI tidak akan mengambil pekerjaan Anda.

(Jeremy Au:

Lalu berikutnya adalah robot humanoid ini, ini seperti memijat kaki Anda, menekan titik-titik tekanan akupunktur Anda.

(17:23) Shiyan Koh:

Ini akan memakan waktu cukup lama. Akan butuh waktu sampai hal-hal itu terotomatisasi, bukan? Menurut saya, hal itu lebih sulit. Meskipun beberapa demo robot yang saya lihat dalam beberapa minggu terakhir ini cukup mengesankan, tetapi saya pikir ada hal-hal seperti itu secara langsung, yang akan lebih sulit untuk diotomatisasi.

Jadi saya pikir pekerjaan yang baik adalah pertanyaan yang menarik, bukan? Yang mana mereka berbicara tentang apa yang membuat hidup ini memuaskan, dan ada tiga bagian: otonomi, penguasaan, dan tujuan. Dan saya rasa ketika orang tua mengatakan pekerjaan yang baik, mereka hanya seperti, bagaimana kita menghasilkan uang? Namun, itu bukan satu-satunya aspek dari pekerjaan yang baik, saya kira jika kita harus memikirkannya, jika biaya turun secara signifikan untuk banyak hal, apa yang bisa kita lakukan untuk menciptakan pekerjaan yang baik bagi diri kita sendiri? Maka Girdley menempatkan kewirausahaan sebagai peluru di sana. Dan menurut saya, ini adalah hal yang sangat menarik, yaitu bahwa dengan menurunkan biaya, orang-orang dapat membangun bisnis dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit. Kewirausahaan memiliki aspek otonomi tersebut. Anda menjalankan penguasaan bisnis Anda sendiri. Anda bisa terus berusaha untuk menjadi lebih baik dalam hal itu. Ini bukanlah sesuatu yang statis atau berulang-ulang dan kemudian memiliki tujuan, bukan? Anda bisa merancang bisnis atau kehidupan yang sesuai untuk Anda.

Jadi saya rasa orang-orang membuat pernyataan yang bombastis seperti, Oh, kita akan melihat unicorn satu orang pertama, tapi unicorn adalah hasil yang sangat langka. Dan saya rasa itu bukanlah aspirasi kebanyakan orang. Jika Anda benar-benar berkata kepada orang-orang seperti, Hei, Anda bisa menjalankan bisnis yang menghasilkan satu juta arus kas gratis per tahun. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya, entahlah, seratus ribu dolar untuk memulainya selama beberapa tahun. Saya rasa banyak orang yang akan menerimanya. Mereka akan menganggapnya sebagai pekerjaan yang bagus. Ya, saya rasa itulah satu-satunya warna tambahan yang akan saya tambahkan pada prediksi Gerbly, yaitu saya rasa bagian dari apa yang memungkinkannya, itu, itu, itu benar-benar memungkinkan orang untuk membentuk kehidupan mereka dengan cara yang jauh berbeda karena banyak hal yang mungkin harus Anda pekerjakan di masa lalu, Anda benar-benar dapat mengotomatisasi, yang memungkinkan Anda untuk menjadi kreatif dan memikirkan apa kebutuhan pelanggan di pasar yang secara unik dapat saya penuhi dalam ekosistem saya.

(19:11) Jeremy Au:

Ini menarik karena, saya pikir saya setuju, misalnya, layanan kesehatan, karena pertama-tama, diatur berdasarkan basis per negara. Jadi Anda tidak bisa mempraktikkannya dengan mudah dengan berpindah dari Amerika ke Indonesia. Dan tentu saja Anda memberi tahu orang-orang yang ada di sana. Jadi saya pikir dokter melakukan pekerjaan yang baik. Sebenarnya, saya merasa pengacara masih merupakan pekerjaan yang bagus di Asia Tenggara. Jadi dari sudut pandang saya, Anda tahu, ada begitu banyak hal dalam sistem hukum di negara Anda yang bukan hanya tentang hukum, bukan? Dalam hal kode atau penulisan kontrak, tetapi juga tentang hubungan dan transaksi yang harus dilakukan. Dan, Anda masih harus membuat kesepakatan. Jadi saya masih berpikir hukum, mungkin dia tidak menyukai hukum di Amerika, tapi saya merasa hukum di Asia Tenggara mungkin lebih mudah. Dan saya merasa insinyur perangkat lunak juga melakukan pekerjaan yang baik di Asia Tenggara, karena Anda meningkatkan kemampuan diri sendiri. Anda meningkatkan produktivitas diri Anda sendiri. Anda bekerja dengan cara Anda sendiri. Saya masih berpikir bahwa menjadi insinyur perangkat lunak di Asia Tenggara masih merupakan jalur yang layak jika anak Anda ingin pergi ke sana dan memiliki ketertarikan pada hal tersebut karena ini adalah cara untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan menggunakan robot, jadi beberapa di antaranya mungkin seperti konteks Amerika Serikat, tetapi saya akan mengatakan seperti insinyur perangkat lunak dan hukum masih untuk Asia Tenggara, tetapi ya, menurut saya akuntansi itu sulit. Itu adalah pekerjaan yang sulit. Sulit untuk membuat program komputer.

(20:13) Shiyan Koh:

Ya, itu salah satu bagian dari hukum, bukan? Itu adalah hal-hal yang rumit di bagian pinggir seperti hal-hal yang rendah dan berulang.

(20:21) Jeremy Au:

Ya. Hukum perceraian. Maksud saya, itu akan bagus. Maksud saya, saya pikir Asia Tenggara akan melihat lebih banyak angka perceraian dari waktu ke waktu, bukan lebih sedikit. Jadi bisa dibilang ini adalah industri yang berkembang di sisi hukum. Memang benar. Tingkat perceraian akan meningkat. Dunia menjadi semakin kebarat-baratan atau mengglobal. Apakah itu, seperti 50% pernikahan di Amerika berakhir dengan perceraian? Itu adalah sektor yang sangat besar.

(Shiyan Koh:

Mereka mengatakan hal itu, tapi saya merasa kekuatan penyeimbang adalah orang-orang menikah lebih muda, yang menurut saya seharusnya meningkatkan tingkat keberhasilan pernikahan. Anda lebih mengenal diri Anda sendiri. Tapi ya, saya tidak tahu. Saya belum, saya belum atau saya tidak, saya tidak memiliki pendapat yang tepat tentang topik itu.

(Jeremy Au:

Kerja bagus untuk anak-anak Anda. Maksud saya, saya rasa Peter Thiel pada dasarnya sedang menulis sebuah tulisan, bukan? Dia mengatakan bahwa, hei, sistem pendidikan Amerika secara umum terlalu fokus pada matematika sebagai keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dokter, sehingga Anda harus memiliki kemampuan yang baik dalam matematika dibandingkan dengan kegiatan lainnya. Humaniora adalah keahlian yang kurang diperhatikan. Dan argumennya juga adalah bahwa dengan semakin banyaknya robot yang masuk ke dunia kerja, mereka akan menggantikan atau meningkatkan kemampuan matematika jauh lebih baik. Dan semua kemampuan verbal Anda akan jauh lebih berharga di lingkungan baru ini.

(Shiyan Koh:

Apakah itu benar? Maksud saya, saya kira sejauh orang menggunakan matematika sebagai penyiangi berbagai hal, Anda seperti, ya, mengapa itu menjadi prasyarat? Tapi maksud saya, dokter masih harus melakukan matematika, bukan? Anda harus memikirkan tentang dosis. Anda harus memikirkan laju aliran darah. Maksud saya, ada beberapa kemampuan kuantitatif dalam matematika. Itu masih tidak sepenuhnya tanpa hal-hal, tapi ya, maksud saya, saya tidak tahu apakah itu verbal atau lebih seperti menjadi manusia. Saya tidak tahu apakah ini adalah hal yang khas Amerika, tapi ya. Apa yang memotivasi orang lain? Bagaimana Anda bisa mendapatkannya? Apa yang menjadi insentif orang? Semua hal semacam itu. Saya rasa hal-hal tersebut tidak diajarkan di sekolah. Dan saya pikir memahami bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut mungkin lebih sulit dilakukan oleh AI. Meskipun orang-orang telah menggunakan AI dengan sangat sukses dalam menulis surat keluhan dan segala macam hal yang, Anda seperti, Hei, ini adalah parameter orang ini. Ini adalah parameter Anda. Bantu saya menulis surat yang bisa membuat saya keluar dari masalah ini. Jadi siapa tahu, mungkin itu akan sampai ke sana juga, tapi mungkin, jenis negosiasi secara langsung dan real-time, mungkin itu adalah hal terakhir yang akan diotomatisasi.

(22:17) Jeremy Au:

Saya sedang membaca seri novel fiksi ilmiah yang berjudul The Culture oleh Iain Banks. Dan pada dasarnya, AI sangat bagus sehingga pada dasarnya semua orang hidup dalam masyarakat pasca-kelangkaan, semacam masyarakat anarkis karena semua robot lebih baik daripada manusia di setiap dimensi. Tidak perlu repot-repot belajar matematika.

Maksud saya, Anda bisa belajar matematika jika Anda mau, tapi hanya komputer yang bisa melakukannya dengan lebih cepat dan lebih baik, dan mereka sudah melakukannya untuk Anda secara verbal. Mereka lebih baik dalam bernegosiasi dan melakukan segalanya. Jadi manusia hanya seperti aksesori untuk masyarakat AI drone.

(22:45) Shiyan Koh:

Itu menyedihkan, maksud saya, itu seperti, apakah mereka tidak menggunakan semua waktu luang mereka untuk membuat karya seni yang hebat atau mengejar lebih banyak penemuan ilmiah?

(22:53) Jeremy Au:

Ketika Anda menunjukkan kepada saya hal tentang musik yang mereka buat untuk Anda, Suno, kan? S-U-N-O, dan kita bisa membuat sebuah lagu.

(22:59) Shiyan Koh:

Ya, tapi maksud saya, ini semua tentang rata-rata, kan? Jadi, ya, ini memungkinkan orang yang tidak memiliki kemampuan menulis lagu untuk membuat lagu. Tapi itu tidak akan menciptakan Taylor Swift berikutnya. Meskipun, saya rasa orang-orang telah meluncurkan lagu-lagu AI ke Spotify. Entahlah. Kita harus membuat episode prediksi, Jeremy. Lalu anak-anak kita akan mendengarkannya 30 tahun lagi dan menertawakan kita dan berkata, Ya Tuhan, mereka salah besar. Mereka tidak tahu seperti apa masa depan itu.

(Jeremy Au:

Mereka hanya akan menyalahkan orang tua kita. Seperti mereka melatih saya untuk menjadi insinyur perangkat lunak, tapi ternyata saya tidak berguna.

(23:32) Shiyan Koh:

Itu bukan saya. Itu bukan aku. Itu Jeremy. Itu semua salah Jeremy. Itu salah anak saya. Mereka menyalahkanku. Rasanya seperti, oh, syukurlah. Saya belajar untuk bergabung dengan pemerintah.

(Jeremy Au:

Mengenai hal itu, sebenarnya apa yang akan saya lakukan adalah saya ingin berbagi layar saya, tapi Anda mengatakan kepada saya tentang hal pembuatan lagu itu. Saya akan tunjukkan apa yang kami lakukan.

Jadi Anda bertanya kepada saya, jadi Anda bertanya kepada saya, Hei, Jeremy Suno. Jadi barusan saya mengetikkan sebuah lagu pop tentang Podcast Teknologi Asia Tenggara yang berani dan bagaimana para pendiri startup luar biasa, dengan menampilkan liriknya. Jadi saya langsung menekan tombol buat. Dan inilah lagunya, bukan? Suara dan gelombang udara yang berani. Oke. Saya tidak tahu. Saya tidak tahu apakah Anda bisa mendengar suaranya. Mari saya tekan play. Biar kulihat lagi. Dapatkah Anda mendengarnya?

(Shiyan Koh:

Saya bisa mendengarnya.

(24:08) Jeremy Au:

Oke, jadi lagu ini, saya rasa kita harus membuat Podcast BRAVE Asia Tenggara.

(24:12) Shiyan Koh:

Anda harus menambahkannya dalam catatan acara.

(24:14) Jeremy Au:

Ini seperti lagu di YouTube. Setiap pagi, kami membuat lagu baru. Dan kemudian mereka membuat yang lain, versi kedua?

(24:22) Shiyan Koh:

Liriknya sama, tapi musiknya berbeda.

(24:25) Jeremy Au:

Biar saya tekan. Ini adalah ketukan yang sakit. Oh, ini benar-benar bagus. Ini adalah lagu yang bagus. Bagus. Oke.

(Shiyan Koh:

Ini bagus, ini sudah membuat saya terpesona.

(24:35) Jeremy Au:

Aku tahu. Maksud saya, yang pertama sudah membuat saya terkejut. Fakta bahwa Anda baru saja menyebutkan perusahaannya, saya langsung menyetelnya, tapi yang kedua ini cukup bagus. Saya harus mengatakan bahwa ketukan yang turun, Oh, saya bahkan tidak tahu harus berkata apa. Jadi

(24:47) Shiyan Koh:

Menurut saya ini luar biasa. Teknologinya luar biasa. Itulah yang harus Anda katakan.

(24:51) Jeremy Au:

Maksud saya, Anda mengatakan kepada saya sebelumnya bahwa ini adalah trik pesta Anda yang baru, bukan? Anda memamerkannya kepada para tamu dan membuat lagu tentangnya. Jadi, apakah anak-anak Anda harus menjadi musisi? Orkestra adalah ide yang buruk.

(Shiyan Koh: Maksud saya, ini tidak akan menggantikan musik live, kan? Jika Anda adalah seseorang yang tampil di depan penonton, seperti Anda tidak akan pergi ke pesta pernikahan dan berkata, Hei, lihat, saya membuatkan Anda lagu AI atau apa pun. Jadi, saya pikir masih ada, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki karier musik, Anda hanya perlu memikirkan segmen mana yang cocok untuk Anda dan bagaimana Anda bisa unggul dalam hal tersebut. Tapi, ini adalah nilai tengahnya, bukan? Saya rasa idenya adalah, AI tidak akan menyaingi Anda dalam satu hal yang Anda kuasai, yang benar-benar hebat. Tapi Anda perlu memikirkan hal itu, yaitu, apa yang menjadi set kompetitif Anda? Karena semua hasil yang rata-rata, menurut saya itu akan tersaingi.

(25:35) Jeremy Au:

Itu adalah hal yang sulit. Maksud saya, semua orang berpikir bahwa mereka berada di atas rata-rata, bukan? Tapi, banyak orang yang rata-rata. Jadi saya pikir saya di atas rata-rata dalam bernyanyi, tapi teman-teman saya bilang saya buruk, di bawah rata-rata dalam karaoke.

(25:45) Shiyan Koh:

Ya, tapi Anda tidak mencoba mencari nafkah dengan bernyanyi.

(25:47) Jeremy Au:

Benar, oh saya kira ada satu cara untuk mengakhiri. Haruskah kita melanjutkan sisa lagu untuk menutup episode ini?

(25:52) Shiyan Koh: Tentu.

(25:53) Jeremy Au:

Oke. AI mengambil pekerjaan Anda. AI mengambil pekerjaan Anda. AI mengambil pekerjaan Anda.

(26:02) Shiyan Koh:

Ini tidak seperti yang dikatakannya.

(26:04) Jeremy Au:

Oke. Baiklah. Mari kita lihat. Itu nilai tambah saya. Saya menambahkan tandingan dari kita, Anda tahu, Anda tidak suka dengan tambahan saya?

(Shiyan Koh:

Baiklah, Jeremy. Ingat bagaimana kami mengatakan bahwa Anda bukan penyanyi di atas rata-rata? Saya pikir Anda baru saja memberi kami data untuk menguatkan hal itu.

(26:19) Jeremy Au:

Ya, saya seperti orang yang menari latar belakang dan saya seperti penari latar belakang, seperti menari dengan buruk dan menambahkan tandingan. Ini dia. Damai.

(26:26) Shiyan Koh:

Kelegaan komedi, jika Anda mau.

(26:28) Jeremy Au:

Oke, jadi itulah nilai tambah saya.

(26:29) Shiyan Koh:

Sampai jumpa.

(26:30) Jeremy Au:

Oke. Baiklah. Ya.