Jeremy Tan: Insinyur Cambridge & MBA Harvard, Pendiri Tin Men Capital & Wawasan Menjadi Ayah - E456

· Podcast Episodes Indonesian,VC and Angels,Singapore,Southeast Asia

 

"Menjadi orang tua membuat saya menjadi investor yang lebih baik. Ada kesamaan antara berkomunikasi dengan anak-anak dan berinteraksi dengan para pendiri. Anda tidak bisa begitu saja mendikte anak-anak. Demikian pula, para pendiri didorong oleh keyakinan dan menolak pendekatan direktif. Saya telah menyesuaikan gaya komunikasi saya untuk menyampaikan pesan agar dapat diterima dengan baik. Hal ini berbicara kepada para pendiri dan menjadi hubungan yang lebih kolaboratif." - Jeremy Tan, Managing Partner & Co-Founder Tin Men Capital

 

"Sebelum kami memulai penggalangan dana, masing-masing dari kami menuliskan apa yang kami pikir bisa kami sumbangkan secara finansial, dan ketika saya menghitungnya, jumlahnya kurang dari 10 juta-jelas bukan awal yang kami harapkan. Menggalang dana pertama kami cukup menantang, terutama di wilayah seperti Asia Tenggara di mana pasar modal ventura masih berkembang, tidak seperti pasar yang sudah mapan seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan India. Jumlah perusahaan modal ventura yang memahami dan mau berinvestasi di modal ventura di sini masih terbatas. Namun, kami segera menyadari bahwa kami perlu memperluas pencarian kami di luar Singapura, dan untungnya, jaringan Harvard kami terbukti sangat berharga. Kami mendapatkan anchor LP pertama dan kedua kami dan secara strategis bermitra dengan LP regional yang akrab dengan pekerjaan kami, memanfaatkan transisi mereka ke platform digital. Penyelarasan ini sangat penting, karena memungkinkan perusahaan rintisan kami memasuki pasar secara efektif." - Jeremy Tan, Managing Partner & Salah Satu Pendiri Tin Men Capital

 

"Cambridge secara fundamental mengubah hidup saya dalam beberapa hal, terutama melalui pendekatan akademis mereka. Mereka menyusun ujian untuk fokus pada prinsip-prinsip pertama, karena mereka tahu bahwa meskipun teknologi dapat berkembang, prinsip-prinsip dasar ini tetap konstan. Metode pengajaran ini memungkinkan saya untuk menerapkan konsep-konsep inti pada masalah-masalah baru dan beragam, sebuah keterampilan yang terbukti sangat berharga dalam usaha kewirausahaan saya bersama Tin Men. Menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, saya dapat mengandalkan pelatihan ini, memberikan saya kepercayaan diri untuk menavigasi tantangan secara efektif dengan kembali ke prinsip-prinsip pertama ini." - Jeremy Tan, Managing Partner & Co-Founder Tin Men Capital

Jeremy Tan, Managing Partner dan Co-Founder dari Tin Men Capital, dan Jeremy Au membicarakan tiga hal utama:

1. Insinyur Cambridge & Harvard MBA: Jeremy Tan membagikan perjalanannya dari seorang siswa yang suka bermain hingga memasuki pendidikan yang mengubah hidupnya di Cambridge. Cita-citanya untuk menjadi insinyur kimia kilang berubah setelah magang yang sangat penting, yang mendorongnya masuk ke bidang keuangan di perbankan investasi Morgan Stanley dan kemudian ekuitas swasta. Memperoleh gelar MBA di Harvard Business School membuka banyak pintu baginya, terutama dalam membangun jaringan alumni global yang kemudian memungkinkannya untuk mendapatkan pendanaan awal yang penting untuk dana VC-nya.

2. Mendirikan Tin Men Capital: Jeremy berbagi tentang apa yang mendorong inspirasinya untuk akhirnya membuat lompatan besar dan meluncurkan dana modal ventura yang berfokus pada startup teknologi B2B di Asia Tenggara. Menggalang dana pertama di pasar modal ventura yang baru saja lahir merupakan tantangan tersendiri, dan ia berbagi perspektifnya tentang bagaimana menjadi sukses sebagai manajer baru. Ia juga berbagi tentang pentingnya memahami industri lokal dan mempertahankan portofolio yang ketat dan selektif.

3. Wawasan Menjadi Ayah: Jeremy merefleksikan bagaimana menjadi orang tua memengaruhi cara dia mengelola kemitraan dalam bisnis. Dia mencatat pentingnya komunikasi dan empati, dan menganjurkan keseimbangan antara aspirasi pribadi dan profesional. Seperti halnya dalam perjalanan transformasi pribadinya dan hubungannya dengan anak-anaknya, pendekatan direktif sering kali gagal ketika berkolaborasi dengan para pendiri.

Mereka juga mendiskusikan tantangan awalnya saat menetap di Cambridge, pengaruh pengalaman masa kecil terhadap gaya kepemimpinan, dan mekanisme penanggulangan stres pribadinya.

Didukung oleh Evo Commerce!

Evo Commerce menjual suplemen premium dengan harga terjangkau dan produk elektronik perawatan pribadi, yang beroperasi di Singapura, Malaysia, dan Hong Kong. Merek Stryv menjual produk berkualitas sekelas salon untuk penggunaan di rumah dan menggunakan saluran langsung ke konsumen melalui saluran ritel online dan toko fisiknya. bback adalah pemimpin dalam obat penghilang rasa sakit di lebih dari 2.000 gerai ritel di seluruh wilayah. Pelajari lebih lanjut di bback.co dan stryv.co

(01:36) Jeremy Au:

Hai Jeremy, sangat senang Anda ada di acara ini.

(01:38) Jeremy Tan:

Hai Jeremy, terima kasih telah mengundang saya. Senang sekali bisa bergabung.

(01:40) Jeremy Au:

Yang saya sadari adalah bahwa selama bertahun-tahun, banyak orang mengira saya adalah anda, karena kita berdua memiliki nama Jeremy, kita berdua di VC. Kami berdua kuliah di Harvard untuk sekolah bisnis. Jadi saya pasti mengalami beberapa kesalahan identitas.

(01:51) Jeremy Tan:

Ya Tuhan. Maksud saya, saya rasa itu menyanjung saya, mengingat saya jauh lebih tua dari Anda. begitu.

(01:58) Jeremy Au:

Bisakah anda berbagi sedikit tentang diri anda sendiri?

(02:00) Jeremy Tan:

Jadi seperti yang saya katakan, nama saya Jeremy. Saya adalah salah satu pendiri dan managing partner di Tin Men Capital. Tin Men Capital bagi mereka yang belum mengenal kami, kami fokus secara eksklusif pada teknologi B2B. Kami berinvestasi sebagai perusahaan pra-Seri A, Seri A yang menargetkan industri lama sebagai pelanggan. Kami berinvestasi pada bisnis yang sangat efisien secara modal dan tidak bergantung pada Unicorn untuk mengembalikan dana. Kami menjalankan portofolio yang terfokus, sehingga beberapa orang bertanya kepada kami tentang pendekatan PE terhadap VC. Idenya adalah menjaga portofolio tetap ketat, sangat selektif. Bekerja sama dengan para pendiri karena ini adalah portofolio yang ketat. Kami mampu melakukan hal itu setelah memiliki waktu dan sumber daya. Semuanya sangat penting untuk pasar yang terfragmentasi seperti Asia Tenggara. Secara pribadi, menikah tetap menikah, yang merupakan kabar baik. Saya memiliki dua anak yang masih kecil dan saya berasal dari Singapura.

(02:45) Jeremy Au:

Anda dan saya, sebelumnya, podcast ini dimulai dengan bertukar catatan pengasuhan anak dan Anda tahu, mendengar bahwa Anda memiliki satu anak, sedang mengalami semua hal tentang PSLE. Jadi saya ingin bertanya kepada anda, Jeremy, seperti apa anda di sekolah menengah dan sekolah dasar, sekitar waktu PSLE anda?

(02:57) Jeremy Tan:

Saya akan mengatakan bahwa guru-guru saya tidak terlalu memikirkan saya. Saya rasa mereka tidak berpikir bahwa saya akan berhasil terlalu jauh dalam hal akademis. Sejujurnya, saya memang suka bermain. Saya bermain sepak bola. Saya sangat aktif di sekolah. Saya pikir saya benar-benar serius dalam belajar ketika saya mendapat peringatan keras dari ayah saya di kelas tiga sekolah dasar. Maksudnya, anak-anak zaman sekarang tidak bermain kelereng, bukan? Saya bermain kelereng dan saya ketahuan bermain dan kemudian dia memberi saya peringatan keras dan saat itulah saya memutuskan, oke, saya harus sedikit fokus. Untungnya, saya lulus dengan nilai PSLE yang bagus dan akhirnya masuk ke sekolah pilihan saya di Victoria School, tapi saya rasa saya tidak belajar dari pengalaman itu. Saya terus bermain. Saya bermain dan bermain. Saya sangat aktif di sekolah. Saya bersenang-senang. Kelas 4 SMP, pertengahan tahun, saya mendapat 24 poin. Itu adalah mata pelajaran dasar. Jadi guru saya mengesampingkan saya dan berkata, lihat, Anda tidak bisa masuk JC dengan nilai itu. Jadi saya seperti, oke, jadi saya pikir saya akan bersabar dan mulai bekerja.

Syukurlah saya berhasil memangkas setengahnya di prelims, di urutan ke-12, dan dengan afiliasi, lolos ke VJC dan untungnya saya mendapat sembilan poin dan memungkinkan saya untuk tetap bertahan, dan itu benar-benar sangat sulit karena saya memiliki dua bidang ilmu, satu sejarah dan geografi. Saya kira saya tidak punya waktu untuk mempelajari seluruh buku pelajaran, jadi saya bertaruh dan mengambil risiko untuk melihat pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul, dan saya benar-benar salah untuk Sejarah, yang merupakan mata pelajaran terbaik saya, mendapat nilai C untuk itu. Dan untungnya, mata pelajaran terlemah saya, Geografi, ternyata mendapat nilai A. Saya harus berterima kasih kepada bintang keberuntungan saya. Jadi begitulah.

( Jeremy Au:

Dan, Anda tahu, Anda berbagi hal ini, Anda tahu, saya sangat setuju dengan hal ini, saya juga ingin masuk ke Victoria Junior College pada waktu itu, tapi Anda seperti membalikkan keadaan, bukan? Karena Anda akhirnya kuliah di universitas. Anda juga akhirnya kuliah di Cambridge. Jadi bagaimana itu bisa terjadi?

(04:33) Jeremy Tan:

Saya pikir di JC, lebih banyak hal yang sama terus berlanjut, saya masih ingin aktif. Saya adalah seorang konselor siswa. Saya mendorong pembentukan tim sepak bola pertama, bukan? Olahraga yang masih saya mainkan hingga saat ini di usia 48 tahun, meski sudah dua kali menjalani operasi, tapi kita akan membahasnya nanti. Tetapi saya tidak menyukai pengalaman di sekolah menengah di mana saya harus menjejalkan diri pada menit-menit terakhir.

Jadi saya berkata, saya harus melakukan pekerjaan rutin. Jadi saya melakukan cukup banyak hal agar tidak perlu dikejar-kejar oleh kepala sekolah, tetapi pada saat itu, saya juga menyadari bahwa saya ingin keluar dari Singapura dan saya pikir ini adalah fungsi dari, saya merasa sedikit tidak cocok, mengingat pengalaman yang saya miliki di sekolah dan sebagainya. Dan mari kita jelaskan seperti ini. Saya bukan siswa yang hanya duduk dan mendengarkan instruksi. Jadi, saya melakukan riset, tentu saja nilai itu penting, bahkan mendaftar ke universitas luar negeri yang bagus. Belajar, saya mendapat nilai yang bagus. Saya adalah seorang mahasiswa bintang. Saya tidak mendapatkan nilai S dan sebagainya, jadi dua setengah tahun di militer, saya menghabiskan banyak waktu untuk meneliti, mendaftar ke universitas, dan sebagainya. Dan secara kebetulan saya bisa masuk ke Cambridge. Saya mengatakan itu karena itu adalah tahun terakhir saya di militer dan seseorang yang tidak saya kenal datang ke kantin kamp militer dan berkata, hei, tenggat waktu akan jatuh tempo dalam beberapa hari. Mengapa Anda tidak mendaftar? Saya seperti, oke tentu saja, Anda tahu, semacam happy go lucky dan mendaftar, berebut mendapatkan rekomendasi, dipanggil untuk ujian masuk dan ingatlah, ketika saya masuk ke sana, yang diadakan di Huaqiang Junior College, ketika saya masuk ke aula, itu semua adalah para siswa yang sedang berada di puncak persiapan mereka untuk tingkat A. Saya menghabiskan dua tahun terakhir dengan berkamuflase berlari naik turun bukit. Saya benar-benar lupa semua konsep fisika dan matematika saya. Jadi saya melakukan apa yang bisa saya lakukan, mengeluarkan catatan saya dari JC, sekali lagi mencoba untuk melihat pertanyaan, dan untungnya melakukannya dengan cukup baik untuk melewatinya, wawancara Warren, dalam wawancara yang dapat saya dengar, diadakan di lapangan basket, dan salah satu teman sebaya saya yang cukup menonjol, saya tidak akan menyebutkan namanya, ada di sisi lain lapangan basket.

Dia ditanya, bagaimana manuver pesawat ulang-alik di luar angkasa, saya dengan cepat mencoba mengalihkan pembicaraan dengan pewawancara ke masa-masa tentara saya, dan untungnya dia mengambil umpan dan lebih tertarik dengan pengalaman tentara saya dan bertanya tentang apa saja tentang teknik kimia, yang merupakan bidang yang saya lamar. Singkat cerita, saya diterima, tetapi kemudian ada pertanyaan kedua, yaitu apakah kami mampu membiayainya? Orang tua saya tidak ikut, saya tidak berasal dari kalangan mampu dan pada saat itu, poundsterling sangat kuat, bukan? Jadi tanpa beasiswa, saya tidak mungkin bisa masuk. Jadi saya berebut, saya mendaftar, jelas saya tidak beruntung dengan beasiswa Singapura kecuali satu beasiswa tentara, tapi untungnya, pemerintah Inggris memberi saya beasiswa parsial yang membayar sebagian besar biaya dan ayah saya ikut membantu dan dengan itu, saya mendapat hak istimewa untuk kuliah di Cambridge dan saya akan mengatakan itu mengubah hidup saya.

(06:59) Jeremy Au:

Luar biasa. Bagaimana Cambridge mengubah hidup Anda?

(07:01) Jeremy Tan:

Saya pikir dalam banyak hal. Pertama-tama, pertama kali saya bepergian dengan pesawat adalah saat menjadi tentara ke Brunei dan pertama kali tinggal di luar negeri dengan benar adalah saat pergi ke Cambridge. Sejujurnya, ini adalah sebuah kejutan budaya. Saya ingat berjalan kaki, mencari jalan ke London dan dari London, ke Cambridge dan kemudian menemukan kampus saya dan berjalan masuk, lalu mencoba menanyakan arah dari kantor penerimaan mahasiswa baru dan seterusnya.

Ada seorang wanita Inggris yang baik di sana. Dan dia berkata kepada saya, anak muda, anak muda, pelan-pelan. Saya tidak mengerti apa yang Anda katakan. Saya tidak mengerti, saya baru sadar setelah berkali-kali mendengarnya, kami orang Singapura pada umumnya berbicara dengan sangat cepat dan tidak mengucapkan kata-kata kami. Hal itu sendiri merupakan kejutan budaya bagi saya. Dan cuacanya, maksud saya, keluar rumah jam 4 sore dan hari sudah gelap. Sebagai seorang anak yang tumbuh di Singapura yang cerah, saya merasa tertekan, bukan? Hal-hal sederhana seperti makanan, sayuran, umumnya terlalu matang, berwarna kuning dan bukannya hijau, bukan? Jadi saya sangat merindukan rumah dan dengan cuaca yang dingin, saya sangat merindukan rumah. Dan itu juga tidak membantu ketika saya membuat keputusan, ada banyak sekali orang Singapura dan Malaysia di Cambridge. Saya telah membuat keputusan untuk datang ke sana. Saya tidak hanya akan bergaul dengan mereka. Apa gunanya? Jadi saya awalnya mengalami kesulitan untuk menemukan, mengintegrasikan diri saya.

Dan kemudian bagian kedua juga, yaitu akademisnya, bukan? Saya ingat ujian pertama saya, saya melihat, saya menatap kertas selama 45 menit karena tumbuh besar di Singapura, pada saat Anda mengikuti ujian besar, Anda sudah menyelesaikan rangkaian 10 tahun, bukan? Pertanyaan ke-5, apa yang akan muncul, bukan? Cara mereka menyusun soal-soal Cambridge, pertanyaan-pertanyaan itu, tidak diulang-ulang. Soal-soalnya tidak terlihat sama. Jadi saya terkejut, kan? Saya tidak melakukannya dengan baik di tahun pertama. Saya mendapat komentar yang sangat sarkastik dari profesor saya. Jadi semua itu membentuk tahun pertama saya. Itu sulit. Jadi apa yang saya lakukan? Maksud saya, untungnya, saya cukup baik dalam sepak bola saat itu dan saya bermain untuk kuliah, dan itu memberi saya jalan melalui olahraga sebagai bahasa yang umum untuk berintegrasi dengan penduduk setempat, bukan? Mereka senang bahwa mereka memiliki pemain yang bagus. Kami berkumpul, setelah pertandingan, sambil menikmati minuman dan bir. Apa yang tidak pernah bisa saya biasakan adalah minum bir, bir hangat dengan makanan India dan kari. Itu adalah sesuatu yang sangat Inggris, tetapi saya tidak pernah bisa memahami itu, tetapi itu benar-benar membantu saya berintegrasi. Jadi itu bagus.

(09:03) Jeremy Tan:

Saya pikir, Cambridge dari sudut pandang akademis telah mengubah hidup saya dalam beberapa hal. Pertama, cara mereka menyusun soal-soal, mereka tahu bahwa pada saat Anda meninggalkan universitas, teknologinya akan berubah, namun yang tidak akan berubah adalah prinsip-prinsip dasarnya. Jadi pertanyaan-pertanyaan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga Anda dapat, meskipun pertanyaannya terlihat berbeda, Anda dapat kembali ke prinsip-prinsip dasar. Dan bagi saya, hal ini telah membantu saya dengan sangat baik dalam hidup, bukan? Jadi setiap kali saya menemukan situasi, terutama sekarang, Anda tahu perjalanan wirausaha saya, di Tin Men, Anda akan bertemu banyak situasi yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Ini adalah pelatihan dan kepercayaan diri untuk kembali ke prinsip-prinsip dasar. Hal tersebut benar-benar membantu saya dengan baik, bukan?

Namun secara terpisah, Cambridge telah membuka diri, memperluas cakrawala saya dan membuka pintu. Sejujurnya, tanpa nama itu, saya tidak akan mendapatkan pekerjaan pertama saya atau mungkin lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan pertama saya. Mempertemukan saya dengan teman-teman yang masih tetap berhubungan dengan saya, yang sekarang telah berhasil dengan sangat baik dalam hidup, itu adalah jaringan yang kuat. Dan sejak saat itu, lintasan saya benar-benar melesat karena hal tersebut membawa saya mendapatkan pekerjaan di bank internasional seperti Morgan Stanley, yang membawa saya ke empat kota di seluruh dunia. Jadi saya selalu mengenang hal itu dengan penuh kasih sayang dan sebagai orang keuangan saya selalu melihat ROI-nya dan itu adalah ROI yang sangat kuat.

(10:16) Jeremy Au:

Dan yang menarik adalah apa yang Anda katakan bahwa Anda memilih untuk menjadi mahasiswa, menikmati, berintegrasi, dan kemudian pada saat kelulusan atau saat Anda meningkatkannya, Anda memilih untuk masuk ke Morgan Stanley dan juga jalur keuangan. Bisakah Anda ceritakan tentang apa yang menjadi keputusan Anda saat itu?

(10:30) Jeremy Tan:

Ya, pada usia 14 tahun, percaya atau tidak, saya memiliki visi yang sangat jelas untuk menjadi seorang insinyur kilang. Itu sangat jelas di kepala saya. Saya mengatakan kepada guru-guru saya bahwa saya ingin menekuni bidang teknik kimia. Saya pikir itu adalah musim panas kedua saya di Cambridge, saya berhasil mendapatkan magang di ExxonMobil di Singapura, Jurong Island. Jadi saya ingat momen penting ketika saya memanjat kolom penyulingan. Ada kolom yang sangat panjang di mana penyulingan berlangsung, dan dengan topi keras dan sepatu yang panas, saya memanjat di bawah terik matahari. Saya ingat dalam perjalanan naik, ini bukan untuk saya. Saya melihat kesulitannya, tetapi Anda tahu, saya pikir itu adalah informasi di sekitarnya yang saya kumpulkan dari pengalaman tersebut.

Saya melihat para insinyur di sana yang merupakan para penyelamat di sana. Mereka sangat ahli dalam pekerjaan mereka. Dan yang lebih penting lagi, mereka sangat bersemangat, dan saya tahu bahwa saya tidak memiliki semangat itu, bukan? Jadi hal itu berbicara kepada saya. Dan saya menyadari bahwa, oke, ketertarikan saya benar-benar terletak pada pandangan yang lebih makro tentang bagaimana bisnis dijalankan, investasi, dan sebagainya. Jadi setelah musim panas itu, saya beralih. Ada dua jenis perusahaan yang merekrut sangat banyak di kampus-kampus. Salah satunya adalah investment banking. Dan yang satunya lagi adalah konsultan. Saya menjajaki jalur konsultan, menyadari bahwa itu bukan pilihan saya, maksud saya, saya perlu melihat sesuatu yang lengkap dan rekomendasi yang diadopsi dan seterusnya, perbankan investasi menarik bagi saya, dan pemikiran tentang keuangan, keuangan yang tinggi, bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar, dapat berinteraksi dengan para C-suite dan seterusnya, dengan bantuan dari banyak orang yang baik hati yang pernah mengalami perjalanan tersebut. Saya dapat mengarahkan kembali pemikiran saya sebagai seorang insinyur untuk kemudian mempersiapkan diri saya untuk wawancara di bank investasi tanpa harus memahami apa pun tentang keuangan. Jadi begitulah cara saya berputar.

( Jeremy Au:

Jadi Anda mengambil pekerjaan di Morgan Stanley dan Anda mengalami masa-masa yang menyenangkan di empat kota yang Anda sebutkan. Dan kemudian Anda memilih untuk pergi dan meraih gelar MBA di Harvard.

(12:13) Jeremy Tan:

Ya. Jadi Morgan Stanley membawa saya pertama kali ke Hong Kong, lalu ke Singapura. Dan kemudian pada akhir tahun kedua saya, saya menerima telepon dari seseorang yang dulu bekerja dengan saya di Morgan Stanley yang pindah ke New York. Dia berkata, kami membutuhkan analis tahun ketiga. Maukah Anda datang? Dan saya langsung mengambil kesempatan itu. Jadi hal tersebut membawa saya bekerja di pusat keuangan dunia. Mengapa tidak, kan? Dan ayo kita pergi, meskipun saya tidak pernah tinggal di New York sebelumnya, tapi ayo kita pergi. Jadi aku pergi ke sana. Anda benar-benar bersenang-senang. Dan sebuah transaksi yang saya tangani adalah IPO Chicago Mercantile Exchange.

Pada saat itu, bank-bank investasi sedang memberhentikan orang. Dan tepat sebelum roadshow, VP saya diberhentikan. Dan kemudian saya terjebak dengan klien di roadshow. Dan klien ini berasal dari Midwest, saya sama sekali tidak memiliki kesamaan dengan mereka. Mereka berbicara tentang sepak bola, tetapi itu adalah sepak bola yang berbeda, bukan? Ini adalah sepak bola di tangan mereka. Dan tidak ada bahasa yang sama. Tetapi saya berkata pada diri saya sendiri, oke, mari kita kembali ke prinsip-prinsip dasar. Apa yang bisa aku kembalikan? Jadi saya berkata, lihat, mari kita mengenal mereka secara pribadi. Jadi selama dua minggu, saya mengenal ketua secara pribadi, bertanya tentang keluarga mereka, benar-benar tertarik dengan kehidupan mereka. Dan melalui hal tersebut, saya benar-benar berhasil menembus batasan dan mendapatkan kepercayaan mereka. Pada saat itu, saya rasa sudah setengah jalan melalui IPO, sang chairman, sambil minum beberapa gelas Budweiser, yang merupakan bir yang sangat buruk, memberikan saya tawaran pekerjaan. Dia berkata, mengapa Anda tidak bergabung dengan kami di Chicago? Anda bisa membantu kami membuka Asia. Jadi saya langsung mengambil kesempatan itu karena untuk mewujudkan sebuah transaksi dan kemudian bergabung dengan mereka untuk berbisnis, sesuatu yang menarik bagi saya, jadi saya melakukannya. Mereka menyadarkan saya tentang beberapa hal, kekuatan dari memiliki jaringan yang kuat, ini adalah contoh klasik. Anda harus mengenal pimpinannya. Mereka menyukai Anda, mereka menyukai pekerjaan yang Anda lakukan. Yang membedakan saya dengan resume lainnya adalah adanya hubungan pribadi dan saya ingin memiliki jaringan tersebut. Dan satu-satunya alasan mengapa saya mendaftar ke sekolah bisnis adalah karena saya ingin memiliki akses ke jaringan. Maka dari itu, saya mendaftar ke beberapa sekolah. Syukurlah, saya diterima di salah satunya, Harvard Business School. Dan itu menjadi awal perjalanan saya ke HBS.

( Jeremy Au:

Luar biasa. Seperti apa pengalaman di HBS?

(14:05) Jeremy Tan:

Saya melakukan beberapa hal. Saya menceritakan hal ini kepada banyak orang baru yang baru saja masuk ke sana, yang akan memasuki sekolah. Saya tidak begitu menikmati tahun pertama. Setidaknya, beberapa bulan pertama di tahun pertama. Anda merasa bahwa semua orang terlalu banyak minum kafein atau menggunakan steroid karena ada kegelisahan untuk membuktikan diri mereka sendiri, seperti kegelisahan untuk bertemu dengan sebanyak mungkin orang dan tidak mau kalah. Ada sebuah FOMO di sana. Jadi sebagai hasilnya, semua interaksi yang terjadi hanya bersifat sementara. Hai, sampai jumpa, apa yang kamu lakukan? Dan kemudian Anda bisa melihat di mata mereka, mereka melakukan perhitungan. Apa kamu berguna untuk saya? Dan seterusnya. Dan kemudian mereka melanjutkan. Bagi seseorang yang menghargai hubungan yang mendalam, itu tidak menyenangkan bagi saya.

Hal itu berubah, saya pikir setelah itu di akhir tahun pertama dan tahun kedua semua orang menjadi tenang. Saya menjalin hubungan yang sangat, sangat baik yang masih saya jaga sampai sekarang. Karena metode studi kasusnya adalah Sokrates. Banyak nilai Anda bergantung pada seberapa banyak Anda berbicara di kelas dan menyampaikan poin-poin penting. Saya berjuang dengan hal itu dalam beberapa bulan pertama, karena saya melihat semua orang di sekitar kita, terutama orang Eropa, Amerika, mereka terdengar sangat fasih, disatukan. Poin-poinnya terdengar begitu kuat. Dan saya duduk di sini sambil berpikir, saya tidak memiliki poin yang bisa disampaikan. Namun, ketika saya mengenal teman-teman sekelas saya dalam percakapan yang lebih dalam, saya menyadari bahwa sebenarnya, saya tahu banyak hal, bahkan lebih banyak dari mereka. Dan perspektif yang berbeda untuk dibawa, mengingat bahwa saya adalah seorang mahasiswa internasional dan ada ketertarikan pada Asia dan sebagainya. Jadi, hal tersebut memberikan saya keberanian untuk berbicara, akhirnya, dan menyampaikan pendapat saya. Dan saya akan mengatakan bahwa dari semua keahlian yang saya dapatkan di sekolah bisnis, itu adalah salah satu yang paling penting karena kemampuan untuk mengartikulasikan pemikiran Anda secara ringkas dan padat akan sangat berguna ketika saya bergabung kembali dengan dunia kerja. Saya rasa banyak dari kita yang memiliki ide bagus, namun cara Anda mengomunikasikan ide tersebut sangat penting untuk memberdayakan orang lain, meyakinkan para pengambil keputusan dan pengikut untuk membantu mewujudkan visi Anda.

Ini adalah komunikasi. Jadi, itulah salah satu keahlian utama dan pelajaran yang saya dapatkan dari HBS. Secara keseluruhan, selama dua tahun, saya mendapatkan pengalaman yang sangat baik. Saya membuat jaringan yang sangat kuat. ROI-nya, menurut saya, ada kurva J yang sangat besar, menurut saya, dibandingkan dengan Cambridge. Namun saya katakan, ketika Anda menjadi lebih senior, jaringan menjadi lebih kuat dan saya akan mengatakan bahwa, Tin Men, penggalangan dana akan jauh lebih sulit tanpa jaringan Harvard.

(16:12) Jeremy Au:

Bagaimana jaringan tersebut telah membantu Anda?

(16:14) Jeremy Tan:

Dalam banyak hal kecil, setelah dari Harvard, saya bekerja selama dua tahun di sebuah dana investasi kelas kakap di Boston. Mereka hanya mempekerjakan satu orang per angkatan. Jadi sangat eksklusif. Di bagian saya, ada seorang teman sekelas yang bekerja di sana. Jadi itu sangat membantu. Itu sangat membantu untuk memahami budayanya. Bagi para pewawancara untuk mengetahui lebih banyak tentang saya di luar slot wawancara dan sebagainya. Dan saya sangat senang sekali mendapat kesempatan untuk bekerja di sana. Pada tahun 2008, ketika saya memutuskan untuk kembali ke Singapura, saya memutuskan untuk kembali karena saya melihat perkembangan di sini dan juga jujur saja setelah 10 tahun di luar negeri, dari yang tadinya saya ingin keluar dari Singapura, saya tidak memiliki konteks untuk mengatakan saya ingin pulang. Ini adalah harapan, bukan? Saya pindah kembali tanpa pekerjaan. Saya baru saja naik pesawat dan pindah kembali dan dalam beberapa bulan, beberapa minggu sebenarnya, saya mendapatkan referensi, obrolan kopi, ada banyak minat dari orang-orang yang ingin mempekerjakan saya. Dan perlu diingat, itu terjadi pada tahun 2008, setelah Lehman bangkrut dan krisis keuangan global (KKG) terjadi.

Dan kemudian, melalui hal tersebut, saya mendapatkan banyak pekerjaan melalui jaringan Harvard. Dan kemudian saya mendapatkan pekerjaan dan sisanya adalah sejarah. Dan saya pikir dalam perjalanannya, Tin Men melaju pesat. Beberapa anchor LP kami berasal dari jaringan Harvard dan itu karena mereka telah melihat, dalam hal ini, saya selama bertahun-tahun dan hal itu membangun kepercayaan dan mereka memahami orang yang mereka dukung. Jadi hal ini juga sangat membantu. Tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, ketika Anda membutuhkan seseorang untuk dihubungi, seseorang yang mengerti sedikit tentang industri tertentu dan sebagainya, semua itu sangat membantu.

Dari sisi pribadi, Anda ingin bepergian ke, entahlah, Australia, untuk bekerja atau ke Amerika Serikat atau Eropa, Anda tinggal mengirim pesan di grup Whatsapp. Hei, saya datang dan siapa saja yang ada di sini, dan kemudian Anda tahu, selalu ada teman sekelas di sini dan selalu menyenangkan dan katarsis untuk sekadar bercengkerama. Seolah-olah kami tidak pernah berhenti berbicara satu sama lain. Jadi dalam banyak hal, saya pikir itu adalah jaringan yang indah untuk dimiliki.

(17:49) Jeremy Au:

Dan yang menarik adalah Anda berbagi tentang pengalaman Anda karena Anda pindah dari perbankan investasi ke bidang yang lebih menindaklanjuti. Dan kemudian sekarang Anda melakukan lebih banyak ekuitas swasta dan aset swasta, dan kemudian Anda melakukan M&A. Jadi bagaimana Anda melakukan transisi untuk mengatakan bahwa ini adalah modal ventura dan teknologi sebenarnya adalah bagian yang lebih menarik yang ingin Anda kejar?

(18:09) Jeremy Tan:

Ya, jadi mungkin mari kita bicara sedikit tentang apa yang saya lakukan sebelum mendirikan Tin Men untuk memberikan konteks. Jadi saya bergabung kembali dengan Morgan Stanley pada tahun 2008 dan saya membantu mendirikan meja investasi utama untuk komoditas. Morgan Stanley jelas memiliki platform perdagangan yang hebat, tetapi saya tidak melakukan perdagangan. Saya mengirimkannya kepada para trader. Tugas saya adalah berinvestasi pada aset keras sehingga kami dapat meminjamkan uang ke tambang batu bara pra-produksi dan mereka akan membayar kami kembali dengan komoditas yang mendasarinya dengan harga diskon, lalu trader saya dapat melakukan trading berdasarkan hal tersebut. Saya menghabiskan waktu berbulan-bulan di daerah terpencil di Australia untuk membangun tangki penyimpanan untuk diesel.

Jadi saya melakukan itu selama lima, enam tahun bertepatan dengan siklus komoditas yang sangat bagus. Kemudian saya keluar karena keadaan menjadi semakin sulit karena bank-bank semakin diatur. GFC diburu oleh Trafigura, yang merupakan salah satu perusahaan perdagangan minyak terbesar di dunia. Di sana, mereka fokus pada investasi untuk Asia Pasifik dan Timur Tengah. Mereka sangat dalam masuk ke pasar negara berkembang, Afrika. Mereka ingin melakukan hal yang sama di wilayah ini. Kesepakatan pertama yang kami investasikan adalah di Papua Nugini, tahun lalu di Pakistan, jadi pasar-pasar yang sangat perbatasan. Melalui perjalanan tersebut, dengan komoditas dan dengan input faktor umum yang mendasari seperti yang kami pasok ke perusahaan logistik rantai pasokan perusahaan konstruksi, perusahaan pelayaran produsen, dan juga pertanian.

Jadi, semua ini adalah apa yang saya sebut sebagai industri warisan di Asia Tenggara, dan mereka juga merupakan bagian besar dari PDB. Dan saya perhatikan, saya membentuk hubungan yang mendalam dengan sektor ini, namun saya juga memperhatikan bahwa sektor-sektor ini perlu melakukan digitalisasi. Anda berurusan dengan kargo yang terkadang bernilai ratusan juta dan semuanya dilakukan melalui email dan pena dan kertas. Jadi itulah yang saya amati. Dan kemudian dalam perjalanannya, saya mulai berinvestasi dalam angel deal. Pertama dengan mendukung beberapa teman sekelas kami dari Harvard, membantu mereka mendobrak Asia. Dan saya ketagihan. Saya bangun jam 6 pagi, yang saya miliki hanyalah ekuitas saya, mencoba menjembatani panggilan antara LA dan New York. Dan saya sangat senang bukan hanya memindahkan angka, kami membangun sesuatu. Dan bagi saya hal itu sangat menggembirakan. Itu sangat menginspirasi. Saya menyukai ide untuk mengganggu para petahana. Jadi itulah pengalaman pertama saya di VC, tapi kemudian hal itu juga membuat saya berada di barisan depan tentang apa yang terjadi di Asia Tenggara.

(20:03) Jeremy Tan:

Sepanjang tahun 2016, 2017, saya juga berada di persimpangan jalan dalam karir saya. Saya ditawari promosi untuk menjalankan fungsi secara global di Jenewa dengan jalur yang jelas menuju pertumbuhan di dalam diri saya. Saya rasa istri saya khususnya sudah muak mendengar saya mengatakannya tanpa melakukannya dan saya pikir inilah saatnya untuk mengambil keputusan. Jadi sekitar waktu itu, sebuah peristiwa yang mengubah hidup saya terjadi. Ayah saya meninggal dunia secara tiba-tiba dan itu adalah momen yang sangat sulit bagi saya untuk melakukan sesuatu yang telah mendukung dan memberi saya kesempatan dalam hidup dan saya sadar, saya tahu ini klise, tetapi hanya ketika Anda kehilangan sesuatu yang berharga, Anda akan benar-benar menghayati bahwa hidup ini singkat. Saya pikir semua itu membuat saya mampu mengatasi apa yang menghambat saya, yaitu rasa takut akan kegagalan, untuk memulai sesuatu yang saya inginkan. Jadi dengan itu, kami kemudian memulai dan kemudian saya bertemu dengan Muli, partner saya, dan banyak hal yang cocok. Dia sudah siap. Saya juga sudah siap. Nilai-nilai kami sangat selaras. Kami berdua adalah orang yang mandiri. Kami memiliki nilai integritas dan transparansi yang sama. Kami berdua juga merupakan pemikir yang mengutamakan prinsip. Dan kemudian kami membahas apa yang kami lihat di Asia Tenggara. Dan tesis yang kami miliki dan apa yang dapat kami tawarkan, itu adalah sebuah kecocokan, jadi untuk pertama kalinya, kepala, kepala, hati, dan naluri kami selaras. Dan saya tahu saya harus melakukannya.

Jadi, setelah transisi itu, saya menolak tawaran promosi dan memulai Tin Men dan sudah tujuh tahun berlalu. Jadi begitulah.

( Jeremy Au:

Wow. Dan bagaimana rasanya bagi Anda untuk mengumpulkan dana pertama, karena Anda benar-benar menjadi bagian dari gelombang pertama dana VC atau penggalangan dana di Asia Tenggara. Jadi pasar baru, tesis baru. Bagaimana rasanya saat itu?

(21:38) Jeremy Tan:

Sebelum kami memulai penggalangan dana, kami masing-masing menulis di selembar kertas berapa banyak yang kami pikir bisa kami bawa ke meja dan saya menjumlahkan angkanya... Rasanya seperti, ya Tuhan, jumlahnya kurang dari 10 juta. Ayolah, Anda tahu, itu bukan awal yang baik. Tapi bagaimanapun,itu sulit. Saya berbicara tentang terjun langsung, tetapi sulit untuk mengumpulkan dana pertama. Ini sangat sulit, dan jika dipikir-pikir, saya pikir ini karena beberapa hal. Pertama, tidak seperti pasar seperti Amerika Serikat, Cina, India, pemantapan, tahap perkembangannya masih cukup baru di sini, secara relatif. Itu juga berarti bahwa jenis perusahaan modal ventura yang akan mengalokasikan atau memahami modal ventura, cukup terbatas. Sejujurnya, hal ini cukup menyulitkan, bukan? Dan kemudian kami dengan cepat menyadari bahwa kami perlu mencari di luar Singapura, jadi untungnya jaringan Harvard masuk dan seterusnya. Dan kami mendapatkan anchor LP pertama, anchor LP kedua, dan kemudian yang membuat kami sukses adalah LP strategis dari wilayah ini yang telah bekerja sama dengan kami sebelumnya. Dan kami sengaja menyiapkan untuk LP strategis karena saya tahu mereka melakukan digitalisasi. Mereka tidak ingin menjalankan CBC mereka sendiri. Mereka melihat kami sebagai pos terdepan bagi mereka. Jadi semua itu cocok dan kami bisa memanfaatkan mereka karena startup kami masuk ke pasar melalui mereka. Ini adalah pasangan yang cocok.

Jadi sejak saat itu kami mulai membangun dan membangun. Dan kemudian, kami menemukan satu ukuran dana, dan kemudian kami mulai menyebarkannya, dan untungnya memiliki hasil yang baik dan kami membangun dari sana.

(22:51) Jeremy Au:

Bisakah Anda menceritakan tentang saat-saat dimana Anda secara pribadi merasa berani?

(22:53) Jeremy Tan:

Ya, menurut saya, saat kembali, adalah saat mendirikan Tin Men. Izinkan saya menjelaskannya sedikit. Saya berbicara tentang rasa takut gagal. Jika Anda ingat, ayah saya, membuat perbedaan untuk Cambridge. Itu bukan jumlah yang kecil. Dan saat itu, tahun '97, 2000, di mana krisis Asia terjadi dan poundsterling mencapai 12 dolar Singapura untuk sepiring nasi bebek di Inggris. Hal itu membuat dia dan bisnisnya berada di bawah tekanan, dan kami mengalami masa-masa yang sangat sulit, dan hal itu selalu membekas dalam diri saya, secara emosional. Dan saya membawa bekas luka selama bertahun-tahun karena takut gagal dan tindakan memulai Tin Men. Saya harus benar-benar mengatasi rasa takut akan kegagalan itu. Apa yang akan dipikirkan teman-teman saya tentang saya? Dapatkah saya menghidupi keluarga saya? Bisakah saya melakukannya? Ini adalah hubungan yang saya rasa harus saya kuasai sekarang sebelum saya melakukan lompatan. Jadi jika saya melihat ke belakang, itu adalah salah satu hal yang Anda tahu secara emosional dan sangat sulit bagi saya, tapi untungnya saya berhasil.

(23:44) Jeremy Au:

Mengapa Anda menggambarkannya sebagai bekas luka?

(23:46) Jeremy Tan:

Ini adalah bekas luka karena di usia muda, saya harus turun tangan dan membantu menghidupi keluarga. Tanpa menjelaskan lebih jauh, itu adalah masa-masa yang sangat, sangat sulit. Kita berbicara tentang tekanan keuangan dan sebagainya. Dan pada suatu titik, sebagai seorang anak muda, baru saja memulai karier Anda dan saya adalah anak laki-laki tertua. Jadi saya merasa bahwa saya adalah anak yang paling belakang. Jadi, ada banyak stres dan utang, rasa sakit yang saya kaitkan dengan episode tertentu dalam hidup saya. Dan tanpa sadar, saya membawa hal tersebut dan mengejar uang dan nama besar serta keamanan dari hal tersebut dan pemikiran untuk keluar sendiri, tidak memiliki jaring pengaman dan dengan bekas luka dan pengalaman yang sangat emosional, saya telah membuat keputusan untuk memulai jalur kewirausahaan yang tidak pasti. Sangat sulit. Secara emosional sangat menguras tenaga.

(24:26) Jeremy Au:

Bagaimana Anda menjaga diri Anda sendiri ketika itu sangat menguras tenaga?

(24:29) Jeremy Tan:

Pertanyaan yang sangat bagus. Saya masih belajar menyulap, tapi yang saya lakukan setiap pagi adalah membuat jurnal. Saya meluangkan waktu beberapa menit untuk menuliskan pikiran saya, menuliskan hal-hal yang saya syukuri karena saya tahu bagaimana cara kerja pikiran saya. Pikiran saya cenderung fokus pada hal-hal negatif dan hanya memiliki waktu untuk fokus pada apa yang telah berlalu. Hal itu sangat membumi bagi saya. Istirahat kecil di sepanjang jalan hanya dengan mengatakan hal-hal sederhana. Anda berada di dalam taksi. Anda melakukan pernapasan dalam-dalam. Dan saya berolahraga setiap hari. Jadi olahraga memberikan saya semangat dan penangguhan untuk tidak memikirkan pekerjaan. Di akhir pekan, biasanya saya libur dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak-anak dan meluangkan waktu beberapa jam saja untuk bertemu dengan mereka, untuk diri saya sendiri, karena di akhir pekan sebenarnya Anda mengantar anak-anak berkeliling. Jadi yang saya lakukan adalah bangun pagi-pagi sekali. Rutinitas saya adalah hari Sabtu saya pergi memancing. beberapa jam sebelum saya mengajak anak-anak berenang, jadi, dengan menjadi bagian dari alam dan seterusnya, bagi saya itu membantu saya membumi.

(25:20) Jeremy Au:

Anda bercerita tentang bagaimana orang tua Anda memainkan peran penting dalam hidup Anda. Bagaimana menjadi orang tua telah mengubah refleksi Anda tentang pengalaman pribadi Anda sendiri dan ingatan Anda tentang hal itu?

(25:30) Jeremy Tan:

Ini adalah hal yang menarik. Setelah menjadi orang tua, saya pikir hal ini mengingatkan kembali apa yang sering dikatakan oleh ibu saya, yaitu bahwa nanti jika Anda memiliki anak sendiri, Anda akan mengerti. Tentu saja, saya tidak akan pernah memberitahunya bahwa saya mengerti hal itu sekarang, tetapi saya kira mereka adalah cerminan diri Anda. Mereka adalah cermin diri Anda sendiri, pemberontak, suka mempertanyakan dan sebagainya, mereka pada dasarnya merefleksikan, mereka merefleksikan Anda kembali ke diri Anda sendiri pada dasarnya dan itu sangat merendahkan hati Anda, Anda tahu, untuk Anda lihat, untuk saya lihat apa yang dapat saya ubah dan lakukan dengan lebih baik sebagai panutan bagi mereka. Saya juga harus mengubah cara saya mengasuh anak. Ketika saya tumbuh dewasa, ada sebuah rumah tangga yang menggunakan tongkat. Hal itu masih dapat dimaklumi pada saat itu, namun sekarang sudah berbeda. Berteriak juga tidak membantu. Mencoba untuk mengubah cara saya menjadi orang tua, dengan cara-cara baru dalam mengasuh anak merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Dan hal itu telah mengubah saya juga.

(26:17) Jeremy Tan:

Menjadi orang tua juga membuat saya menjadi investor yang lebih baik dan inilah alasannya. Bagi saya, berbicara dengan anak-anak memiliki kemiripan dengan berbicara dengan para pendiri. Coba beritahu anak-anak Anda apa yang harus dilakukan. Itu tidak akan berhasil, bukan? Dan para pendiri, alasan mengapa mereka berada di jalur ini adalah karena mereka memiliki keyakinan. Memberitahu mereka apa yang harus dilakukan tidak akan berhasil, jadi saya telah menyesuaikan gaya dan komunikasi saya untuk menyampaikan pesan agar dapat diterima dengan baik. Hal ini berbicara kepada para pendiri dan menjadi hubungan yang lebih kolaboratif. Jadi semua itu, Anda tahu, telah membuat saya menjadi orang yang lebih baik.

Akhirnya saya pikir, ketika menggendong anak pertama saya, saya mengalami masa-masa yang penuh tekanan di tempat kerja, namun kemudian saya menyadari bahwa ada hal-hal yang lebih penting dalam hidup, seperti ketika anak saya sakit, itu adalah hal yang perlu dikhawatirkan. Hal-hal lainnya adalah hal-hal kecil, bukan? Jadi semua itu, adalah bagaimana mengasuh anak dan menjadi orang tua telah membentuk saya, dan terus membentuk saya.

(27:04) Jeremy Au:

Dan pertanyaan terakhir adalah, jika Anda dapat kembali ke masa lalu ke masa muda Anda saat Anda akan mengikuti PSLE, Anda memiliki mesin penjelajah waktu, jika Anda minum kopi dengan masa muda Anda, apa yang akan Anda katakan?

(27:14) Jeremy Tan:

Di usia itu, saya rasa saya tidak akan mengubah apa yang telah saya lakukan. Maksud saya, saya telah melakukan cukup banyak hal untuk melewatinya dan seterusnya, saya rasa pada usia 19 tahun, ketika saya masih menjadi tentara, saat itulah saya beralih secara mental dari senang-senang menjadi saya harus serius dalam hidup saya, namun saya rasa saya mengayunkan bandul ke ujung yang lain, menjadi sangat stres, menjadi sangat serius, dan semua itu karena saya harus kehilangan banyak hal di sini.

Orang tua saya membayar untuk ini. Saya lebih baik memastikan bahwa saya menyelesaikannya dan seterusnya. Semua beban itu, saya akan kembali ke masa lalu dan berkata pada diri saya sendiri, lihat, tidak apa-apa. Semua akan baik-baik saja. Lakukan yang terbaik dan semuanya akan berhasil. Saya pikir dengan itu, saya akan menjadi orang yang lebih bahagia. Saya pikir teman-teman saya akan lebih menikmati berada di sekitar saya dan mungkin saya akan memiliki kapasitas untuk memperluas pengalaman hidup saya, bepergian lebih banyak lagi, bukannya stres karenanya.

(27:56) Jeremy Au:

Terima kasih. Dengan catatan itu, saya ingin meringkas tiga hal penting yang bisa diambil dari percakapan ini. Pertama-tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang masa kecil Anda dan seperti apa Anda sebagai mahasiswa dalam hal akademis, dalam hal apa yang membuat Anda tertekan tentang bagaimana Anda berjuang dalam bidang akademis hingga akhirnya bisa diterima di Cambridge dan Harvard. Dan saya rasa ada perjalanan yang menarik di sana.

Kedua, terima kasih banyak telah berbagi tentang karir profesional Anda, tentang bagaimana Anda mulai fokus pada bidang keuangan. Tetapi juga beberapa keputusan karir yang Anda buat, kesempatan yang Anda ambil, jaringan yang dapat Anda manfaatkan dan bagaimana Anda akhirnya menjadi VC juga.

Terakhir, terima kasih banyak telah berbagi tentang filosofi reflektif Anda sebagai orang tua dan sebagai seseorang yang melihat kembali karier Anda sebelumnya tentang bagaimana Anda melakukan berbagai hal secara berbeda dan bagaimana Anda memandang hidup secara berbeda dengan pengalaman baru yang Anda miliki saat ini.

Untuk itu, terima kasih banyak, Jeremy, atas waktunya untuk berbagi.

(28:38) Jeremy Tan:

Oh, terima kasih telah mengundang saya, sangat menyenangkan.