Htay Aung: Perjuangan Pendiri Anywheel, Memenangkan Perang Berbagi Sepeda & Menolak Tawaran VC & Akuisisi - E462

· Podcast Episodes Indonesian,Singapore,Founder,Start-up,Mobility

 

"Saya sering mengatakan kepada tim saya dan mengingatkan diri saya sendiri bahwa kita berada dalam bisnis yang benar-benar menuntut kecerdasan. Dalam segala hal yang kami lakukan saat ini, kami dapat belajar dari banyak pemain internasional. Selama beberapa tahun pertama, ketika kami membentuk tim kami, tidak banyak inovasi. Saat itu, kami lebih fokus untuk membuat segala sesuatunya berjalan dengan baik. Apakah kami percaya pada berbagi mobilitas mikro di Singapura? Jika ya, bagaimana cara kami membuatnya berhasil? Bagaimana cara kita belajar darinya? Inilah mengapa saya membutuhkan orang-orang di sekitar saya yang tidak hanya dapat dipercaya, tetapi juga pekerja keras." - Htay Aung, CEO & Pendiri Anywheel

 

"Saya mengantisipasi datangnya perizinan dan peraturan dan mereka memang datang. Kami muncul dengan sukses di mana banyak yang tidak berhasil karena LTA membutuhkan kunci berkemampuan GPS, yang berarti setiap sepeda membutuhkan kartu SIM internal, bukan hanya bluetooth. Kami memilih sejak hari pertama untuk menggunakan kunci pintar dengan sistem backend yang mampu melacak semua pengendara dan lokasi mereka. Keputusan strategis ini memastikan sepeda kami patuh ketika lisensi diberlakukan. Di Singapura, semua operator berlisensi harus mengintegrasikan sistem mereka dengan LTA, melaporkan lokasi langsung secara berkala-setiap 30 menit hingga satu jam. Kejelian untuk mematuhi peraturan yang telah diantisipasi ini menempatkan kami untuk lebih fokus pada bagaimana teknologi dapat mempertahankan bisnis kami." - Htay Aung, CEO & Pendiri Anywheel

 

"Kami mencapai beberapa kesepakatan dengan VC yang memberikan valuasi yang kami inginkan, tetapi kami tidak mengambil uangnya karena prioritas pengeluaran kami berbeda. VC ini ingin menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan unduhan aplikasi dengan cepat melalui iklan yang ekstensif, yang melibatkan selebriti. Saya sangat tidak setuju dengan pendekatan ini karena berpotensi merugikan bisnis. Bagaimana jika kami mendapatkan 1 juta pengguna melalui saluran seperti YouTube, Instagram, atau Facebook, dan mereka mengunduh aplikasi tetapi tidak dapat menemukan sepeda? Mereka tidak akan menggunakan layanan tersebut. Saya menentang strategi VC tersebut dengan berargumen bahwa dana tersebut seharusnya digunakan untuk membeli dan memperbaiki sepeda. Saya percaya bahwa sangat penting bagi orang-orang untuk melihat sepeda yang dapat diandalkan dan bersih setiap hari, yang akan mendorong mereka untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini, bukan karena terpengaruh oleh iklan, tetapi karena mereka melihat nilai dari layanan ini. Sikap ini membedakan Anywheel dari perusahaan lain yang sangat bergantung pada pendanaan VC." - Htay Aung, CEO & Pendiri Anywheel

Htay Aung, CEO & Pendiri Anywheel, dan Jeremy Au membicarakan tiga tema utama:

1. Inspirasi dan Tantangan Awal: Htay merinci perjalanannya dari seorang mahasiswa imigran yang menghadapi hambatan budaya dan bahasa di Singapura hingga menjadi pendiri Anywheel. Inspirasi awalnya datang dari pengalamannya menghadapi kemacetan di Sydney dan Singapura, yang kemudian memunculkan ide untuk membuat layanan berbagi sepeda selama masa studinya di University of Sydney pada tahun 2017. Dia menceritakan tantangan awal dalam berintegrasi ke dalam budaya dan sistem pendidikan yang baru, yang membentuk pola pikir kewirausahaannya.

2. Kurva Pembelajaran Operasional: Htay menjelaskan tantangan operasional awal dalam memulai Anywheel termasuk merakit sepeda pertama di rumahnya hingga menavigasi tantangan rantai pasokan seperti mencari sumber 500 sepeda awal dari produsen yang enggan berurusan dengan startup kecil. Dia berbagi wawasan tentang kesalahan awal, seperti memesan sepeda yang belum dirakit, yang menyebabkan tantangan logistik yang signifikan. Dia juga merinci bagaimana perusahaan mengintegrasikan teknologi IoT untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memenuhi kepatuhan terhadap peraturan, terutama dalam menanggapi peraturan perizinan Singapura yang diterapkan oleh Otoritas Transportasi Darat (LTA) pada tahun 2018.

3. Ekspansi Pasar Strategis: Htay menekankan keputusan strategis dan keuangan yang dibuat selama periode sulit dan pilihannya untuk menolak pendanaan modal ventura untuk mempertahankan kendali atas arah strategis perusahaan. Beliau juga membahas strategi ekspansi pasar dan navigasi peraturan dan bagaimana perusahaan beradaptasi dengan perubahan dan mengakuisisi pesaing setelah peraturan baru LTA pada tahun 2018. Beliau juga menjelaskan bahwa akuisisi SG Bike tidak hanya merupakan ekspansi bisnis tetapi juga merupakan langkah untuk mengkonsolidasikan pasar dan meningkatkan reputasi industri secara keseluruhan dengan memikul tanggung jawab atas komitmen pelanggannya. Dia membahas tentang mempertahankan praktik bisnis yang etis, terutama keputusannya untuk tidak membebankan biaya deposit kepada pengguna-keputusan yang dibuat untuk menumbuhkan kepercayaan dan membedakan Anywheel dari pesaing seperti Mobike dan Ofo.

Jeremy dan Htay juga membahas tentang tantangan dalam menghadapi pandemi COVID-19, pentingnya kepercayaan, transparansi, dan kerja keras di tempat kerja, serta rencana strategisnya untuk meningkatkan operasi sambil mempertahankan fokus yang kuat pada keberlanjutan dan dampak terhadap masyarakat.

(01:39) Jeremy Au:

Hai Htay, sangat senang Anda ada di acara ini.

(01:41) Htay Aung:

Hai, selamat pagi, Jeremy. Terima kasih telah menerima saya. Saya juga sangat bersemangat

(01:45) Jeremy Au:

Tentunya, kami telah melihat sepeda Anda di sekitar Singapura. Dan alasan mengapa percakapan ini muncul adalah karena Shiyan, yang merupakan co-host reguler dan saya agak menertawakan berita baru-baru ini bahwa Anywheel seperti satu-satunya anggota yang masih hidup dan Anda tidak pernah mengumpulkan dana modal ventura. Jadi kami tertawa karena kami berada di bidang modal ventura dan karena itulah kami penasaran dengan cerita Anda. Tapi, tentu saja kami akan membahas bagaimana Anda melakukannya dan mengapa Anda melakukannya, tapi bisakah Anda berbagi sedikit tentang diri Anda sendiri?

( Htay Aung:

Tentu, tentu. Pertama, terima kasih telah menerima saya di sini. Nama saya Tay Aung. Saya adalah pendiri dan CEO dari Anywheel, perusahaan kecil pertama dan terakhir di Singapura dan juga di Thailand. Jadi kami juga merupakan yang terbesar, saat ini, kami adalah yang terbesar di Asia Tenggara dalam hal ukuran armada. Dan tentu saja itu berkat lisensi kami dengan LTA. Jadi kami disetujui untuk mengoperasikan 35.000 armada di Singapura, yang merupakan rekor nasional karena sebelumnya, saya tidak, seperti yang Anda ceritakan, bahwa kami adalah satu-satunya yang bertahan. Sebelum kami bertahan, sebenarnya ada banyak perusahaan, saya pikir hampir 20 perusahaan mobilitas mikro di Singapura. Dan kemudian menjadi terlalu gila, terlalu berantakan. Saya rasa pada puncaknya, ada sekitar 200 lebih dari seribu sepeda motor di Singapura. Dan kemudian pemerintah mulai mengatur. Saya rasa, saya yakin pemerintah Singapura memperkenalkan, LTA secara spesifik, memperkenalkan lisensi bike-sharing pertama di dunia untuk mengatur industri seperti kami. Dan kemudian dari sana, hanya tujuh perusahaan yang diberikan lisensi. Dan kemudian dengan cepat hingga hari ini, hanya tersisa dua perusahaan. Bahkan, beberapa bulan lalu, masih ada tiga, tapi kami mengambil alih satu lagi. Jadi tinggal dua perusahaan yang tersisa. Dan bahkan pada puncaknya, Mobike, Ofo, hanya diberikan 25.000 lisensi. Kami sangat beruntung pada tahun 2022, kami memecahkan rekor menjadi 30.000 dari 15.000. Ini adalah nilai tambah yang besar bagi kami karena LTA bisa saja memberikan, maksud saya, karena order yang negatif dan beberapa penduduk Singapura mungkin tidak akan mengubah citra positif dari berbagi sepeda, bukan? Jadi pada tahun 2022, LTA bisa saja memberikan kami hanya 20.000 atau 25.000 hanya untuk menyamai, tetapi mereka memiliki kepercayaan yang kuat pada kami. Dan juga kami telah membuktikan bahwa kami adalah operator yang sangat baik. Jadi mereka memberi kami 30.000, yang merupakan ukuran flip yang kami ajukan. Jadi hal ini benar-benar memberi kami dorongan kepercayaan diri. Dan kemudian pada bulan Mei tahun ini, kami mengajukan permohonan untuk meningkatkan jumlah ini dan kami diberi 5.000 lagi. Jadi sekali lagi, kami memecahkan rekor kami. Jadi, itulah sedikit perjalanan cepat kami, kisah tujuh tahun hingga hari ini.

(03:54) Jeremy Au:

Wow. Luar biasa. Banyak sekali pertanyaan yang saya miliki, tapi, mari kita kembali ke awal, yaitu, Anda bersekolah di Ngee Ann Polytechnic dan kemudian Anda kuliah di University of Sydney. Jadi, seperti apa Anda sebagai mahasiswa?

( Htay Aung:

Ah, seperti apa saya sebagai seorang mahasiswa, saya pikir banyak suka dan duka sebagai seorang mahasiswa karena pertama-tama, saya lahir di Myanmar. Saya datang ke Singapura saat berusia 10 tahun. Jadi pasti ada banyak perbedaan budaya, saya harus mengejar ketertinggalan. Dan kemudian, pasti ada kendala bahasa. Bahasa Inggris saya sangat buruk ketika saya baru saja datang ke Singapura. Jadi, selama beberapa tahun pertama, hasil saya di Singapura, sangat cui [崔], Anda tahu, dan mereka sangat, sangat buruk. Dan kemudian saya pikir saya mulai mengejar ketertinggalan dalam hal bahasa dan budaya. Dan kemudian saya berhasil dengan cukup baik di beberapa bagian di sekolah menengah. Dan kemudian saya mulai bermain tenis. Jadi, Ngee Ann Poly saya , saya menggunakan DSA untuk masuk, masuk sekolah langsung menggunakan tenis saya. Namun secara mengejutkan, dengan menggunakan hasil saya, saya bisa masuk sehingga DSA seperti berfungsi sebagai asuransi, dan kemudian setelah itu, saya pikir menjelang akhir tubuh saya, itu sedikit membosankan, saya tidak akan mengatakan membosankan. Saya merasa saya harus pergi ke luar negeri agar lebih mandiri. Jadi, saya pergi ke luar negeri untuk kuliah di University of Sydney dan di situlah sebenarnya saya menjadi mahasiswa biasa, tidak ada yang fantastis, tapi saya selalu ingin memiliki bisnis sendiri karena orang tua saya adalah seorang wirausahawan, jadi benar-benar berjuang keras mulai dari tidak punya rumah, kosong, sampai mengantarkan kami ke Singapura dan juga ke Australia, jadi saya sangat menghargai hal itu. Saya sangat menghormati kesibukannya. Dan selalu menjadi impian saya untuk mengikuti jejaknya. Dan semoga suatu hari nanti saya bisa melakukan hal yang sama untuknya, saat dia pensiun, untungnya saya berada di jalur yang tepat untuk itu. Jadi ya.

( Htay Aung:

Dan kemudian ide Anywheel sebenarnya berasal dari saat saya masih kuliah di Universitas Sydney. Sebenarnya tahun terakhir saya, semester terakhir. Jadi, saya terjebak macet. Jadi saya sudah menyetir di Singapura sejak saya masih dalam masa-masa tubuh. Dan saya juga mengemudi di Singapura ketika saya baru saja tiba di, saya, saya adalah pengemudi Australia ketika saya baru saja tiba di Australia. Tapi yang saya perhatikan di kedua kota ini adalah bahwa setiap tahun, karena saya lebih sering mengemudi, saya tidak ingin datang ke Singapura untuk berlibur selama masa kuliah. Lalu lintasnya semakin parah. Di Australia, lalu lintasnya juga semakin buruk. Lalu suatu hari, saya terjebak dalam kemacetan di Sydney, di Liverpool Street, tepat di belakang George Street, yang seperti Orchard Road-nya Sydney. Saya tahu bahwa biasanya dari CVD ke rumah saya hanya memakan waktu tujuh menit, sekarang menjadi 40 menit. Jadi saya terjebak dan sangat marah dan kemudian sepeda terus melaju melewati saya. Dan itu terjadi di awal tahun 2017. Saya berpikir, Hei, saya bisa saja bersepeda ke CVD daripada terjebak macet atau terkena macet. Maksud saya, mencari parkir di Sydney sangat mahal. Satu jam bisa mencapai 30 SGD, jadi saya berpikir, mengapa saya tidak melakukan itu? Jadi saya pikir ini bisa menjadi peluang bisnis, bukan? Jadi yang saya lakukan adalah saya berhenti kuliah selama satu semester. Saya mulai mencari tahu di Google, Australia itu seperti di bawah, sangat jauh dari mana-mana. Jadi saya tidak yakin, bahkan tahun 2017 pun saya tidak yakin, saya belum tahu ada Mobike atau Foo. Lalu saya mulai mencari di Google, dan saya merasa, oh, menarik, ternyata sudah ada perusahaan seperti ini di Tiongkok. Jadi saya istirahat selama tiga bulan, saya pikir. Jadi saya pergi ke China untuk bermain-main, mengunduh sekitar 200 aplikasi. Membayar deposit untuk hampir semua perusahaan dan kemudian bermain dengan aplikasinya selama sekitar dua bulan dan kemudian belajar tentang industri ini. Jadi itu adalah hal yang bagus. Maksud saya, sebagian dari diri saya sangat sedih karena, oke, ide saya sudah tidak segar lagi. Ada sebuah perusahaan yang sangat kuat, tapi hal baik lainnya adalah saya bisa belajar karena sudah banyak yang seperti perusahaan ini.

Jadi saya mempelajarinya dan kemudian setelah itu, dalam perjalanan pulang ke Australia, yang sengaja saya lewati Singapura, karena ini adalah negara tempat saya dibesarkan, bukan? Jadi saya sengaja melewati Singapura dan kemudian di sana sudah ada OBIK yang diluncurkan sekitar satu bulan. Saya sedikit kecewa, namun kecewa dalam arti bahwa saya bukan lagi seorang first mover, tapi Singapura bukanlah pertimbangan pertama saya. Australia adalah pertimbangan pertama saya. Jadi dengan itu, saya tinggal selama satu bulan lagi. Dan sekali lagi, saya berada di sana selama satu bulan untuk peluncuran. Jadi total tiga bulan yang menyenangkan. Saya pikir saya bisa mendapatkan klaim pasar China, yang sudah sangat matang dengan 200 perusahaan, klaim pasar Singapura, yang sudah memiliki tiga perusahaan dan mereka datang dengan sangat besar.

Dan setelah itu, saya pergi ke Australia untuk mendaftarkan perusahaan, mendirikan perusahaan. Namun beberapa bulan yang lalu, saya menyadari bahwa tentu saja saya menyelesaikan kuliah saya hanya dalam waktu beberapa bulan juga, tetapi saya menyadari bahwa setelah saya lebih memahami bisnis saat itu, kota Australia memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, dan tidak masuk akal jika saya memulai untuk negara pertama, jadi saya tetap memutuskan untuk kembali ke Singapura dan memulai Anywheel. Jadi bulan depan, September, kami akan merayakan tujuh tahun pendirian kami di Singapura.

(07:44) Jeremy Au:

Wow.

(07:45) Htay Aung:

Jadi, seperti itulah, bagaimana kehidupan universitas saya, Anda tahu.

(07:47) Jeremy Au:

Ya. Dan, ketika Anda mengatakan bahwa, Anda melihat-lihat Singapura dan sisi pembelajarannya, apakah Anda tidak berkecil hati atau terdorong oleh orang-orang ini? Ada begitu banyak dari mereka dan kemudian mereka sudah meluncurkannya di Singapura. Jadi, apakah Anda tidak akan berkecil hati? Bagaimana perasaan Anda?

( Htay Aung:

Maksud saya, pada awalnya saya merasa kecil hati, tapi seiring dengan berkembangnya ekspansi mereka, sebagai seseorang yang tumbuh di Singapura selama 20 tahun terakhir, saya menyadari bahwa cara mereka meluncurkan perangkat mereka tanpa lisensi, mereka hanya mengerahkan sebanyak mungkin sepeda yang mereka bisa secara finansial, menurut saya, untuk mendapatkan pangsa pasar, saya rasa, dan saya sedikit bertaruh dengan otoritas di sini, yaitu Kementerian Transportasi atau Otoritas Transportasi Darat, yang tentunya akan memberikan semacam pengekangan atau lisensi untuk benar-benar mengontrol sisi lainnya. Jadi saya melihat hal itu sebagai sebuah peluang, seperti mereka dapat terus berkembang secepat yang mereka inginkan di Singapura. Pertama, penyebarannya sangat mudah, tetapi jika pengumpulannya buruk, akan ada masalah besar.

Jadi saya bertaruh pada hal itu, juga bertaruh pada pemahaman saya tentang Singapura. Sebagai permulaan, saya akan memulainya secara perlahan. Biarkan saya mendapatkan pijakan. Saya akan masuk ke industri ini terlebih dahulu dan menggunakan pengetahuan saya untuk memahami otoritas dengan lebih baik. Dan pada saat yang sama, jika tebakan saya benar, frasa yang sangat intens, bukan? Pengurangan datang dan kemudian menyebabkan sakit kepala besar bagi banyak orang, semakin besar Anda, semakin sakit kepala yang mereka dapatkan. Jadi saya bertaruh pada hal itu. Untuk membangun peluang di sana, saya pikir biarkan para pemain besar bertarung satu sama lain, mereka sudah mengincar kami sejak awal. Jadi kami seperti dibayangi oleh persaingan mereka, yang juga menutupi kami untuk benar-benar membangun fondasi kami dengan baik.

(09:09) Jeremy Au:

Jadi, ketika Anda memulai dan pindah kembali dari Australia ke Singapura, tentu saja, sekarang, Anda tertinggal beberapa bulan di belakang para pemain Tiongkok yang meluncurkan di Singapura, dll. Jadi, seperti apa rasanya? Bagaimana Anda mendapatkan sepeda pertama Anda? Apakah Anda membelinya? Apakah Anda meminjam? Bagaimana Anda memulai beberapa sepeda pertama Anda? Sepeda nomor satu, kurasa.

( Htay Aung:

Satu sepeda adalah proses yang sangat, sangat, sangat menyakitkan juga, karena pada saat itu, produsen sepeda itu, pabrik-pabrik itu sama sekali tidak tertarik dengan kami karena pada saat itu kami hanya pergi ke sana seperti, ah, kami hanya ingin 500 sepeda, 1000 sepeda. Kita bahkan tidak bicara, bicara satu sepeda, 500 sepeda sampai 1000 sepeda. Sebagian besar pabrik bahkan tidak menghibur kami karena pada saat itu bisnis dari perusahaan seperti Mobike, Ofo, Obike, dan 200 lebih perusahaan dari Cina, mereka sudah masuk, dengan mudahnya lima digit atau enam digit atau bahkan tujuh digit per bulan yang kita bicarakan. Jadi kami, seperti kebanyakan pabrik yang kami ajak bicara bahkan tidak menghibur kami.

Jadi, saya biasanya meminta kepala salah satu teman saya di China untuk menghubungkan kami dengan Phoenix, Feng Huang Tanche, mereka adalah pabrik sepeda terbesar kedua di China dengan kapasitas produksi yang besar. Jadi, hubungkan kami dan kemudian itulah cara saya terhibur. Namun untuk beberapa bulan pertama, apa yang saya lakukan sendiri, tidak ada batasan pabrik tentang kami. Pertama, kebanyakan dari mereka pada saat itu, bahkan belum pernah mendengar tentang Singapura, atau mereka tidak memiliki kesan tentang Singapura. Kesannya adalah tentang oh, negara yang sangat bersih, negara yang bersih dan banyak tanaman hijau, tetapi mereka belum pernah ke sana, tetapi satu hal yang mereka tahu pasti, pasarnya terlalu kecil untuk mereka pedulikan saat ini. Mereka sangat sibuk dengan penyediaan sepeda untuk para pemain China yang berusia di atas 200 tahun. Jadi ya, jadi sangat sulit, butuh waktu hampir setengah bulan untuk mengirimkan sepeda pertama dari China ke Singapura. Sepeda pertama kami.

(10:39) Jeremy Au:

Bagaimana Anda menegosiasikan kontrak pertama Anda?

(10:42) Htay Aung:

Kontrak pertama seperti yang saya lakukan, pertama-tama saya sangat bersyukur memiliki teman yang saya temui di Australia, yang terhubung dengan Phoenix. Jadi mereka memberikan penilaian yang sangat adil terhadap perusahaan kami dan juga harga, menurut saya, dan juga memberikan banyak wawasan tentang bagaimana seharusnya sepeda berbagi sepeda. Jadi itu sangat membantu. Kemudian, ya, setelah itu, setelah kami mengkonfirmasi warna, spesifikasi, semuanya. Saya hanya mengatakan bahwa setidaknya kita kirimkan satu sampel ke Singapura. Tapi selama itu, tidak bisa dibongkar, Anda tahu? Jadi saya bahkan tidak tahu bahwa saya harus memberi tahu mereka untuk merakit atau tidak merakit. Jadi tidak bisa dibongkar pasang. Jadi selama itu, kami bahkan tidak punya kantor. Semua orang bahkan belum punya kantor. Jadi saya bawa motor ke rumah, merakit semuanya sendiri. Istri saya bertanya, apa yang kamu lakukan? Saya sedang merakit sepeda. Butuh waktu dua hari untuk merakit sepeda. Jadi saya menelepon pabrik, saya melakukan banyak panggilan video, bisakah Anda mengajari saya, Anda tahu, jadi mereka sedikit kehilangan kesabaran.

Mereka mungkin berpikir, wow, mengapa Anda menelepon orang? Sangat amatir, seperti itu? Tapi sungguh, itu adalah pengalaman bersepeda yang pertama. Butuh waktu dua hari untuk merakitnya dan saya pikir saya membuat terlalu banyak suara. Saya bahkan membawanya masuk ke rumah saya untuk merakitnya dan semua tetangga saya bertanya, apa yang kamu lakukan? Saya seperti, sedang merakit sepeda. Apakah ada perusahaan? Jadi selama perakitan itu, saya benar-benar mulai berbagi cerita, tapi semuanya saya lewati, tunggu, ada Mobike, ada Ofo dan Anda hanya memeriksa sepeda. Apa yang sedang kita lakukan? Jadi itu adalah pengalaman yang cukup menarik dengan sepeda pertama.

(11:49) Jeremy Au:

Jadi itu merakit satu sepeda kan? Tapi Anda tahu, tentu saja Anda tidak bisa melakukan bike sharing hanya dengan satu sepeda, bukan? Jadi bagaimana Anda mendapatkan 100 atau 10 sepeda pertama itu? Bagaimana pendapat Anda tentang peluncuran pertama itu?

( Htay Aung:

Benar. Jadi setelah contoh sepeda tiba dan selesai, saya menyelesaikan perakitan dengan tangan saya sendiri. Saya mengujinya selama beberapa hari. Untungnya, saya tidak mengikuti Wakil Presiden, jadi itu pertanda baik. Jadi saya hanya memberikan izin kepada pemasok kami di China untuk mengatakan bahwa, kami siap untuk 1.000, jadi segera kirim 1.000 dan kemudian pada saat akhir, setelah pesanan dilakukan, pesanan ditempatkan, kami mulai mencari gudang dan kemudian mulai membangun lab tim kami.

(12:22) Jeremy Au:

Jadi seperti apa rasanya? Anda memiliki 1000 sepeda, tentu saja, Anda membutuhkan uang karena, saya tidak tahu berapa harga sepeda Anda saat itu. Jadi bagaimana Anda mendorongnya?

( Htay Aung:

Jadi, pertama-tama, saya mengumpulkan dana dari keluarga teman, putaran pertama juga karena saya sudah terbiasa mengerjakannya. Oh, maaf. Satu bagian besar yang saya rindukan, jadi saya sudah ingin menjadi sangat mandiri bahkan selama liburan. Jadi saya bekerja selama liburan juga. Apakah Anda pernah mendengar tentang New England Mail? Seperti yang terakhir kali saya gunakan, semua orang memakai singlet dan Anda tahu, memiliki singlet yang berbeda di setiap negara. Jadi saya biasa memakai, mereka, mereka, mereka adalah distributor tunggal sandal Havaianas. Mereka adalah yang pertama, jadi itu sangat besar bagi mereka. Jadi, saya dulu bekerja untuk itu. Dan kemudian, saya juga bekerja sebagai barista di Australia di Gloria Jeans. Jadi ya, dan saya juga pernah bekerja sebagai pelatih tenis, bahkan saat masih di sekolah menengah dan saat saya masih di badan. Jadi saya mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari itu. Saya rasa saya sudah mendapatkan penghasilan hampir enam digit selama menjadi pelatih tenis. Dan saya memiliki kebiasaan menabung dan berolahraga.

Jadi, ya, saya agak untuk 1.000, tapi eh, dengan sebagian besar uang saya, dengan sebagian besar tabungan saya dari semua pekerjaan yang saya lakukan selama masa kuliah, itu cukup untuk mendanai, cukup untuk mendanai 1.000 sepeda yang tentu saja saya masih harus meminta dari orang tua saya di sana. Jadi ya, mereka menyumbang sedikit hanya untuk mengamankan karena itu hanya cukup untuk satu sepeda. 1.000 sepeda saja sudah butuh biaya untuk membeli barang sekitar 200.000, belum lagi kita harus bicara soal kantor, kami bahkan tidak punya kantor. Kami hanya memiliki gudang. Kami juga harus berbicara tentang perekrutan staf, jadi ya, orang tua saya masuk untuk bagian investasi pertama, dan kemudian setelah itu seiring dengan pertumbuhan perusahaan, saya mulai mencari teman-teman saya. Teman dekat yang mau, karena kebanyakan dari kami lulus di waktu yang sama, semua mencari kesempatan dan mereka juga melihat itu sebagai peluang. Jadi saya juga mendapatkan investasi dari beberapa teman untuk modal pertama.

(13:54) Jeremy Au:

Luar biasa. Lalu yang menarik adalah, tadi Anda bilang ada seribu sepeda, jadi Anda punya gudang kan? Jadi saya kira kali ini datangnya dirakit. Saya rasa tidak, Anda punya, saya rasa kali ini sudah dirakit, tapi tetap saja masih banyak ruang. Jadi seperti apa rasanya?

( Htay Aung:

Oh, itu memusingkan karena tidak bisa menyerupai, tapi masalahnya adalah pada saat itu, bukan? Maksud saya, saya rasa saya tumbuh besar di Singapura terlalu lama, kiasu (惊输) dan kiasi (惊死), ah. Jadi, yang saya lakukan adalah saya tidak berani membentuk tim teknologi sendiri. Jadi semuanya, kunci kami, kan? Meskipun sepeda itu sudah menjadi milik kami. Kunci kita, back end kita, front end, maksudnya aplikasinya. Itu semua dialihdayakan. Perusahaan tempat kami mengalihdayakan semua ini cukup sah. Mereka diinvestasikan oleh perusahaan yang sangat besar di Cina, dengan uang yang sangat besar. Namun masalahnya, mereka juga merupakan pemasok besar untuk Ofo dan Mobike. Jadi, dalam benak saya, sebagai seorang fresh graduate, saya berpikir bahwa, oke la, ini sudah menjadi perusahaan besar, uji tuntas yang sangat solid, sangat besar, informasi yang sangat bagus untuk menentukan bahwa mereka adalah perusahaan yang sah. Tapi yang saya abaikan karena kurangnya pengalaman saya, mereka belum pernah keluar dari China sebelumnya. Jadi IOT dan sistem yang mungkin bekerja di Cina, mungkin tidak bekerja di Singapura.

Jadi ini adalah pengalaman saya sebagai pendiri startup pada saat itu, dan sebagai lulusan baru, maka sesuatu yang saya takutkan untuk dipertimbangkan, pikiran saya adalah, mereka adalah pemasok besar untuk semua perusahaan besar ini, mereka seharusnya super legit. Dan mereka diinvestasikan oleh perusahaan besar, mendistribusikan buku besar tetapi terbukti salah, pertama, setelah sepeda tiba, kami menyalakan aplikasi, tidak bisa membuka kunci. IOT di dalamnya, yang, yang, chip di dalamnya tidak compliant, tidak compliant dengan Singapura, atau perusahaan telekomunikasi. Jadi tidak bisa membuka kunci. Itu, itu satu hal. Dan kemudian aplikasi kami juga terus mengalami crash. Dan kemudian karena kami hanya 1000 dan yang saya sadari sebagai perusahaan besar, karena mereka memiliki klien yang besar, meskipun mereka berbalik, tentu saja mereka ingin lebih banyak pelanggan, bukan? Dan tentu saja mereka menginginkan jejak di luar negeri. Jadi bagi mereka, mereka hanya mengatakan, ya, ya, ya, ya. Tapi setelah membayar uang dan sepeda sudah ada di Singapura, kami tidak mendapatkan dukungan yang kami butuhkan.

Jadi itu sangat memusingkan. Jadi sepeda yang Anda tanyakan itu saya senang karena kami sudah mengeluarkan uang. Saya dan diri saya sendiri serta GM saya yang mendorong saya hingga hari ini. Jadi GM saya sebenarnya, GM saya memiliki kode perusahaan nomor satu. Saya nomor dua, karena dia mencoba lebih awal dari saya, sampai batas tertentu. Jadi, bahkan kami tidur di gudang, kami tidur di gudang selama Tahun Baru Imlek. Kami tidur di gudang saat hari Valentine. Jadi kami bahkan bercanda bahwa kami menghabiskan hari Valentine bersama, di gudang. Dan kemudian kami memiliki banyak pekerja paruh waktu yang tidur bersama kami, untuk memperbaiki sepeda, membongkar kunci sepeda. Melepas semuanya, dan kemudian mencolokkan kabel untuk me-reboot ulang, karena aplikasinya sekarang tidak bisa membuka kuncinya. Jadi, beberapa bulan pertama benar-benar sangat sulit. Jadi, bahkan sampai hari ini kami memiliki lelucon bahwa siapa pun yang ingin menjadi level manajemen di pekerjaan apa pun, harus tidur di gudang selama beberapa hari. Ada lelucon yang beredar untuk benar-benar merasakan kesulitan yang saya, GM saya, dan beberapa pekerja paruh waktu rasakan untuk 1000 motor pertama, jadi kami tidak bisa mempelajari 1000 motor pertama sampai saya pikir tiga bulan di gudang itu sangat sangat menyakitkan.

(16:25) Jeremy Au:

Dan bagaimana Anda menemukan tim awal Anda, bukan?

(16:27) Htay Aung:

Jadi, GM saya adalah teman baik saya di sekolah menengah dan saya sangat senang, jadi saya mempercayainya, saya mempercayainya dengan banyak hal sejak masa sekolah menengah. Dan saya pikir itulah mengapa ketika saya kembali, saya senang datang untuk mendirikan sebuah perusahaan di Singapura, Anda membutuhkan direktur lokal. Jadi dia memanggil saya sebagai direktur lokal terlebih dahulu. Dan setelah itu, saya berkata, Hei, mengapa Anda tidak bergabung dengan saya? Dia agak ragu karena startup dan dia bekerja di, Anda telah mendapatkan pekerjaan yang bagus di La Senda dan 3M, sebelum itu, saya pikir itu adalah 3M. Dan setelah itu, dia bekerja di La Senda selama sekitar dua tahun. Dia sangat ragu-ragu. Dia berkata, saya bisa membantu Anda paruh waktu. Lalu setelah itu, karena saya baru saja kembali, kan? Saya bahkan tidak memiliki izin kerja. Jadi setelah itu, dia memutuskan untuk mencoba dan menjadi majikan pertama Anywheel, saya menjadi yang kedua. Jadi begitulah ceritanya. Jadi ya, kemudian setelah itu kami membangun lebih banyak lagi, jadi dia, kami akan mulai dengan dia dan saya selama hampir satu tahun, saya pikir.

( Htay Aung:

Hampir satu tahun setelah kami memutuskan bahwa kami tidak bisa tahang lagi. Kami berdua benar-benar, kami terlalu banyak melakukan peregangan, tetapi pada saat yang sama kami mencoba untuk menghemat biaya. Kami terlalu banyak melakukan peregangan dan kami mengatakan bahwa kami harus mulai mempekerjakan lebih banyak orang, lalu kami mulai mencari tahu semua kontak teman-temannya, semua kontak teman-temannya. Mereka yang bisa kita percaya. Tapi kebanyakan ya dia lah, kebanyakan ya kontak dia. Jadi begitulah cara saya bekerja, tapi saya juga mendapat banyak pertanyaan seperti apakah itu tidak adil atau tidak terlalu pintar untuk melakukan hal tersebut karena kita mendapatkan teman, tapi ide saya adalah bahkan sampai hari ini, saya telah mengatakan kepada tim saya, semua orang, selama tujuh tahun dan saya telah mengatakan kepada tim saya bahkan kepada diri saya sendiri, kita berada dalam bisnis yang benar-benar membutuhkan otak. Maksud saya, bukan hal yang cerdas untuk dibicarakan saat ini, karena semua yang kami lakukan saat ini, bisa kami pelajari dari banyak pemain internasional di Tiongkok. Ada tiga pemain, pemain yang sangat besar, masing-masing memiliki 20, 30 juta sepeda yang bisa kita pelajari. Di negara lain, kami memiliki Lyme, yang sudah diambil oleh Uber. Dulu kami juga punya perusahaan seperti Bird, yang bisa kami pelajari. Jadi itu selama beberapa tahun pertama. Maksud saya, kami tidak bisa mengatakan hal yang sama sekarang, tapi selama beberapa tahun pertama, saat kami membentuk tim kami, sejujurnya tidak ada banyak inovasi di sana. Lebih kepada bagaimana kita membuat hal ini bekerja? Apakah kita percaya dengan berbagi mobilitas mikro di Singapura ini jika semua orang percaya, bagaimana cara kita membuat hal ini bekerja? Bagaimana cara kita belajar? Jadi saya membutuhkan lebih banyak orang yang dapat dipercaya dan pekerja keras daripada orang yang cerdas. Maksud saya, jangan salah paham, mereka tetaplah orang-orang yang cerdas. Maksud saya, orang-orang yang memiliki banyak informasi, bukan? Jadi, yang pertama tadi adalah banyak kepercayaan dan kami mendapatkan banyak teman untuk masuk ke perusahaan dan saya sangat senang bahwa sebagian besar dari mereka tetap berada di perusahaan kami sampai hari ini, bahkan ketika perusahaan ini berkembang, jadi ini adalah bagaimana kami memulai tim pertama kami, persahabatan dan kepercayaan, dan orang-orang yang bekerja keras.

(18:30) Jeremy Au:

Jadi, pada masa-masa awal, Anda benar sekali. Semua orang meniru satu sama lain dan semua orang belajar dari satu sama lain. Jadi, apa saja hal-hal yang sengaja Anda tiru? Dan apa saja yang Anda pelajari yang tidak bisa Anda tiru?

(18:40) Htay Aung:

Saya pikir apa yang saya tiru adalah seluruh aplikasi, karena kami tidak perlu mendesain lagi. Jadi lebih seperti mengubah tema warna saja. Dan juga apa yang saya baca, yang tidak bisa saya tiru adalah pengoperasiannya. Dan juga harganya. Mari saya pisahkan itu. Jadi pengoperasian, saya pikir pertama-tama, mereka akan memiliki backend yang sangat kuat untuk memberi tahu mereka. Di mana sepeda motornya? Bagaimana dengan pengendaranya? Ke mana mereka harus pergi dan mengambil sepeda untuk memindahkannya, pada jam berapa? Jadi ini adalah sesuatu yang tidak kami miliki, um, backend ini yang harus kami bangun, bukan? Dan pemasok pihak ketiga kami tidak memiliki backend yang matang. Kalaupun mereka memilikinya, itu untuk Tiongkok. Itu tidak dimaksudkan untuk pasar seperti Singapura di mana MOM benar-benar peduli dengan kesejahteraan semua staf kami karena mereka, mereka dijadwalkan 24/7, dan kemudian KPI mereka benar-benar didasarkan pada per sepeda, KPI yang sangat sulit. Itu adalah sesuatu yang tidak dapat kami terapkan di Singapura.

Pertama, kami tidak memiliki backend untuk mengimplementasikannya pada saat itu. Namun sepeda kami sendiri pada saat itu hanya menggunakan Bluetooth. Kami bahkan tidak memiliki kunci pintar seperti yang ada sekarang. Setiap sepeda kami sebenarnya memiliki kartu SIM 4G Singtel. Jadi kami adalah salah satu klien terbesar di pusat dengan 35.000 kartu SIM yang membayar setiap bulannya. Jadi sekarang kami bisa melacak semuanya, tapi selama ini kami tidak bisa melacak. Jadi ini adalah sesuatu yang tidak bisa kami tiru. Jadi kami harus belajar secara manual dari staf operasional kami, di mana harus memasang, bagaimana cara memasang, kapan harus memasang, berapa banyak yang harus dipasang, jadi itu adalah satu hal yang kami rasa tidak bisa kami pelajari karena kami tidak memiliki backend. Kami tidak memiliki teknologinya. Jadi kami harus membuatnya dengan sangat, sangat manual. Dan kemudian harga, karena sebagian besar dari mereka berperang harga untuk mendapatkan pangsa pasar dan mereka didukung oleh Alibaba yang didukung oleh Tencent, dan kami tidak, kami tidak memiliki papa yang mendukung, bukan? Jadi kami segera menyadari bahwa kami tidak bisa melakukan perang harga. Kami harus mulai mengenakan biaya dari awal. Jadi ini adalah sesuatu yang kami lakukan.

Dan kemudian kami juga tidak hanya untuk bertahan hidup, tetapi juga terutama karena kami menyadari, bahwa berapa lama Anda bisa bertahan? Kami di sini bukan untuk melarikan diri, bukan? Selama itu, kami di sini bukan untuk mendapatkan dana modal ventura untuk benar-benar berkembang dan seperti yang Anda tahu, kami bukan kami sejak hari pertama, kami tahu bahwa ini adalah bisnis jangka panjang yang ingin kami lakukan seumur hidup, mudah-mudahan. Setidaknya hari ini, saya aman di dalam api. Jadi ini adalah sesuatu yang tidak kami permasalahkan, dan hal kedua yang kami pelajari dengan cepat dan saya sangat senang bahwa semua pemain di Singapura dan di seluruh dunia mengumpulkan deposit. Kami, sejak hari pertama tahu bahwa kami tidak ingin mengumpulkan deposit karena sebenarnya saya, saya memang memulai di Australia selama beberapa bulan dan kami mengumpulkan deposit tetapi tidak menggunakan nama perusahaan Anywheel, melainkan menggunakan perusahaan bernama Murph. Itu adalah perusahaan teman saya yang sangat baik.

( Htay Aung:

Jadi kami berdua, sangat lucu. Kami berteman baik sejak di universitas. Dan kemudian suatu hari, saat akan lulus, kami saling mengatakan bahwa kami memiliki ide yang sangat bagus. Jadi, setelah itu, kami berbicara di sebuah kafe dan kami berdua memiliki ide yang sama. Kami ingin memulai berbagi sepeda. Jadi, setelah itu, saya mengatakan kepadanya bahwa oke, saya akan pergi ke Singapura. Untuk Australia, saya akan berinvestasi saja. Saya hanya akan menaruh uangnya di dalam, lalu membiarkan Anda menjalankannya. Sehingga kita tidak, kita tidak saling berkompromi sebagai teman baik. Jadi, tapi pada saat itu kami, jadi itu sudah diluncurkan di Australia dan kami segera menyadari bahwa kami menyebutnya sekitar 70 AUD, dolar Australia per pengguna untuk menggunakan sepeda.

Kami segera menyadari bahwa ada banyak deposit yang mengendap di akun kami. Dan kemudian kami segera menyadari bahwa karena mereka adalah pemegang saham lain, pemegang saham sangat tergoda untuk menggunakan uang ini untuk membeli lebih banyak sepeda. Jadi untuk menggunakan uang yang tidak kami miliki, maka saya sebagai pemegang saham minoritas, saya tidak bisa mengambil keputusan. Saya tidak bisa memiliki hak veto, bukan? Jadi saya segera menyadari bahwa ini sangat berbahaya.

( Htay Aung:

Sangat, sangat berbahaya untuk melakukan hal tersebut. Jadi ketika saya mendirikan Anywheel di Singapura sejak hari pertama, tidak ada deposit. Jadi saya pikir kami adalah satu-satunya yang pasti di Singapura, pasti secara regional dapat mengatakan bahwa sejak hari pertama, kami tidak perlu deposit. Jadi ini adalah sesuatu yang kami pelajari. Kami belajar juga pertama-tama adalah mengendalikan diri karena dengan uang yang ada di dalamnya. Siapapun, manusia manapun akan tergoda untuk menggunakannya. Jadi saya bahkan tidak mau tergoda. Dan bahkan, bahkan jika saya mengendalikannya, jika saya mulai melibatkan VC dan pemegang saham, mereka akan tergoda untuk menggunakannya juga. Jadi saya tidak ingin, ingin menyisihkan uang ini. Jadi ini adalah sesuatu yang kami pelajari dan adaptasi. Tidak ada deposit. Dan kemudian sejak hari pertama, kami harus menagih. Dan faktanya, saya sangat senang untuk berbagi bahwa sejak hari pertama hingga sekarang, tarif kami akan tetap sama.

(22:04) Jeremy Au:

Luar biasa. Saya rasa ini sangat membantu karena banyak orang yang ingin meniru tapi Anda harus mencari tahu apa yang harus ditiru, apa yang tidak boleh ditiru. Bagaimana Anda mengetahui sisi operasionalnya? Karena saya rasa banyak perusahaan yang mati karena hal tersebut, bukan? Karena mereka tidak tahu di mana harus menaruhnya, mereka tidak tahu di mana harus mengambilnya. Tapi juga ada banyak sepeda yang hilang. Banyak juga sepeda yang dicuri. Dan tentu saja di Singapura juga sering hujan, bukan? Jadi harus ada perawatan dan segala sesuatunya. Jadi, bisakah Anda bercerita tentang sisi operasionalnya?

( Htay Aung:

Tentu, tentu. Pertama-tama, karena rumah sepeda yang kami rancang, kami sudah tahu bahwa ini akan digunakan untuk berbagi. Ini dimaksudkan untuk penggunaan berat dalam kondisi cuaca yang berbeda. Dan juga, tentu saja karena di tempat umum akan ada pencurian, tapi saya akan mengangkat bagian pencuriannya untuk nanti, bagian yang menarik darinya. Jadi sepeda itu seharusnya sudah kuat, tapi tentu saja karena kurangnya pengalaman kami dari awal, karena kurangnya pengalaman saya dari awal, kami memesan pemasok dan kemudian kami memesan suku cadang, bukan? Sepeda tetap sepeda RAS tetap SPOI untuk beberapa batch pertama. Tapi hal baiknya adalah kami terus berkembang. Jadi sampai hari ini, tujuh tahun kemudian, kami sudah memiliki lima angkatan sepeda yang berbeda, lima generasi yang berbeda. Jadi kami, setiap batch kami menerima masukan, kami tahu bagian mana yang spoi, meskipun kami pikir itu tidak akan spoi. Jadi sampai hari ini, saya sangat senang untuk mengatakan bahwa kami sudah memiliki kantor kami sendiri, kantor lain di Cina yang melakukan semua pengadaan.

Kami juga mengontrol lini produksi pabrik. Jadi sekarang kami memasok 70 persen komponen sepeda kami dan kemudian kami hanya tinggal pergi ke Phoenix, Oke, Anda merakit yang lainnya. Kami tidak, kami tidak tahu rantai pasokannya. Kami hanya membayar Anda satu kali, tapi hari ini, hari ini, hari ini kami membeli 70 komponen dan kemudian kami mengirimkannya ke pabrik. Jadi pabrik pada dasarnya hanya merakit. Jadi apa yang dilakukannya adalah kami memiliki banyak kontrol kualitas sendiri, dan kemudian kami juga menurunkan harga secara signifikan. Kami lebih bisa menawar karena pabrik hanya menjadi tempat perakitan. Kami memiliki daya tawar yang kuat terhadap pemasok kami dan juga jalur perakitan kami. Jadi ini sudah membaik. Tapi yang tidak kami ketahui adalah kami tidak mempertimbangkannya, bukan? Karena pasar pertama kami adalah Singapura dan kami, Singapura masih menjadi kantor pusat kami sampai sekarang.

(23:49) Htay Aung:

Kami pikir Singapura tidak akan memiliki masalah pencurian, karena maksud saya, salah satu negara yang paling dikenal dan negara yang memiliki reputasi baik di dunia, bukan?

Namun sayangnya sebagian besar masalah pencurian terjadi di Singapura. Kami sedang berada di puncak kejayaan, bukan? Maksud saya, di puncaknya kami berada di kota-kota yang dulunya kami beroperasi di Singapura, Malaysia dan Thailand. Sekarang kami hanya ada di Singapura dan Thailand. Jadi, ketika kami pertama kali mengadakan rapat dewan direksi pertama kami, pertama-tama, dewan direksi saya sangat menentang saya untuk berekspansi ke luar Singapura untuk, pertama, untuk awal Anywheel, bukan? Mereka khawatir dengan tingkat pencurian di negara lain yang kurang berkembang. Dan kemudian setelah saya menjelaskan ketiga negara tersebut, mengadakan rapat dewan direksi pertama saya, saya melaporkan bahwa kami memiliki 3000 sepeda yang dicuri karena pada saat itu juga bagus, kami memiliki kunci pintar yang dapat melacak di mana sepeda tersebut berada dan, Anda tahu, memiliki wawasan yang sama. Jadi kami memiliki banyak data untuk dilacak. Dan kemudian saya melaporkan pada rapat dewan direksi pertama, saya mengatakan bahwa kami memiliki 3000 sepeda yang dicuri, dan kemudian saya dimarahi oleh semua direksi saya, diberitahu untuk tidak pergi ke negara lain. Anda tidak mau mendengarkan. Jadi, sebenarnya di Singapura, semua sepeda motor ini. Thailand, tidak ada sepeda yang dicuri, Malaysia, tidak ada sepeda yang dicuri.

Mereka seperti, Anda memiliki data, ada yang salah. Ada yang salah dengan backend Anda. Anda harus memeriksa kembali backend Anda. Saya seperti, tidak, tidak, tidak, tidak, tidak, tidak, tidak. Kami memverifikasinya. Kami mendapatkan cek di Singapura. Jadi saya tidak menyalahkan mereka karena untuk seseorang yang tumbuh besar di Singapura, seperti saya, saya juga sangat terkejut. Jadi, saya sangat, sangat terkejut. Jadi, tentu saja kami memperbaiki motor kami. Kami memperbaiki motor kami sejak saat itu. Tapi sekali lagi, ada pepatah dalam bahasa Cina. “可以防君子不可以防小人,” Jadi kami bisa melindungi mayoritas warga negara yang baik, maaf, penduduk yang baik, tetapi kami tidak bisa melindungi persentase yang sangat kecil, yang dimiliki oleh setiap negara, bahkan negara yang paling maju sekalipun. Dan kami juga sangat jelas bahwa kami tidak ingin karena persentase yang sangat kecil dari pengguna yang tidak bertanggung jawab ini mempengaruhi pengalaman 90 persen lebih dari pengguna yang sangat baik. Jadi, meskipun kami melakukan peningkatan pada sepeda motor kami agar lebih anti-pencurian, tetapi kami juga tidak ingin memata-matai pengalamannya.

Jadi selama COVID, hal ini menjadi lebih buruk karena menurut saya banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan dan banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan. Jadi mereka mulai mencuri sepeda motor kami. Jadi jika Anda melihat salah satu postingan Facebook kami, sangat organik. Kami tidak pernah menyombongkan diri. Kami memiliki 300 lebih dari seribu, impresi lima digit like dan beberapa ribu komentar. Kami mulai memiliki tim penegak hukum sendiri yang berkeliling di sekitar lingkungan untuk menangkap orang-orang yang mencuri sepeda tanpa mengunduh aplikasi kami atau tanpa menggunakan aplikasi. Jadi, aplikasi ini langsung menjadi sangat populer, saya pikir semua berita memberitakannya. Semua media besar, semua SK, semua media kecil, semua memberitakannya. Jadi dari 3000 yang tadinya, saya rasa berkurang menjadi sekitar 1000 saja. Jadi 3000, 5000, dan sekarang menjadi sekitar 1000 tetapi selama itu kami hanya memiliki 10.000 sepeda motor. Jadi dalam hal persentase, kami menurunkan secara signifikan. Semua itu benar adanya.

Dan kemudian juga, sejujurnya kami tidak menyalahkan mereka, karena bahkan ketika kami mengajukan laporan polisi selama polisi SPF itu, bike sharing tetap ada, dan beberapa orang yang kami tangkap mereka merasa bahwa karena bike sharing hilang, jadi sepeda ini ditinggalkan begitu saja, sehingga mereka bisa menggunakannya, jadi, bagi kami, itu adalah sesuatu yang kami pelajari juga. Jadi kami tidak menyalahkan juga. Kami benar-benar menanggapi semua umpan balik ini dengan sangat serius. Kami tidak langsung mengatakan bahwa, oke, Anda tidak boleh mencurinya. Itu adalah kesalahan Anda. Kami merasa ada banyak hal. Kami menanggapi umpan balik dengan sangat serius dan ini adalah sesuatu yang dapat kami tingkatkan juga. Jadi saya sangat senang bahwa seiring pertumbuhan perusahaan kami di tahun 2021. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan kami, semakin banyak orang yang mulai mengetahui sistem berbagi sepeda di Singapura. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa Anywheel adalah perusahaan yang tetap seperti itu. Jadi TAFRA, juga dengan penegakan FOM kami yang sedang berlangsung semakin banyak, semakin sedikit TAFRA di Singapura sekarang. Jadi ini adalah kabar yang sangat, sangat baik bagi kami.

(26:41) Jeremy Au:

Luar biasa. Jadi, Anda tahu apa yang menarik adalah, itu sangat kompetitif, bukan? Jadi, ada begitu banyak pemain yang sudah ada dan kemudian lebih banyak pemain mulai berdatangan dari waktu ke waktu dan banyak dari mereka yang didanai oleh VC. Dan kemudian, itu juga sangat gila, bukan? Seperti Anda bisa memarkirnya di mana saja, jadi orang-orang mulai marah. Jadi kemudian Anda mengatakan bahwa itu adalah lisensi. Jadi, mengapa Anda memenangkan kompetisi ini dari sudut pandang Anda di sini?

( Htay Aung:

Saya pikir pertama-tama, apa yang ingin saya bagikan, saya bertaruh pada lisensi, bukan? Saya bertaruh lisensi akan datang, atau regulasi akan datang. Dan itu datang. Lalu bagaimana kita bisa menang? Saya pikir banyak perusahaan yang tidak dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi pertama karena lisensi LTA mengharuskan kunci sepeda harus menggunakan GPS. Itu berarti Anda harus memiliki kartu SIM di dalamnya, tidak bisa hanya menggunakan Bluetooth lagi. Sehingga Anda bisa melacak dengan tepat di mana sepeda itu berada, siapa yang menggunakannya, ke mana sepeda itu berakhir , jadi banyak perusahaan, Ofo langsung dibatalkan lisensinya karena ratusan bahkan ribuan sepeda mereka di Singapura semuanya menggunakan Bluetooth. Tidak mungkin mereka akan berubah. Mereka akan membawa kembali sepeda tersebut untuk menggantinya. Atau mereka akan membawa sepeda baru. Sangat sulit bagi sebuah perusahaan untuk melakukan hal tersebut dan juga Mobike, Mobike sejak awal. Jadi Mobike adalah perusahaan yang sangat saya hormati. Mereka mungkin satu-satunya pemenang berbagi sepeda di dunia saat ini. Mereka diakuisisi oleh Meituan dengan harga, kalau tidak salah, sekitar 2,5 miliar dolar AS dan kemudian, sejak awal, mereka sudah menjadi yang terdepan. Mereka adalah salah satu yang pertama meluncurkan semua kunci pintar dengan IOT, dengan semua hal, bukan? Jelas, mereka tidak terpengaruh. Jadi bagi kami, kami juga, bagaimana kami mempersiapkan diri untuk itu? Jadi sejak hari pertama, kami juga menggunakan kunci IOT, meskipun kami tidak memiliki kapasitas sama sekali.

Bahkan ketika kami mengalihdayakannya, kami tahu itu lebih mahal, lebih rumit. Sejak hari pertama, kami mengatakan tidak ada kunci bluetooth. Saya ingin memiliki kunci pintar yang memiliki backend untuk melacak semua pengendara, semua lokasi, bukan? Jadi ini adalah nilai tambah bagi kami. Jadi ketika pemegang lisensi datang, sepeda yang ada di jalan kami sudah sesuai dengan lisensi. Dan kemudian banyak orang tidak tahu bahwa setiap sepeda kami , semua operator di Singapura, selama Anda berlisensi, sistem kami terhubung dengan sistem LTA. Sistem ini harus hidup. Kami harus melaporkannya setiap 30, kalau tidak salah, setiap 30 menit atau satu jam, kami harus melaporkan lokasi secara langsung ke backend LTA. Jadi semua ini menggunakan banyak teknologi dan menghabiskan banyak baterai.

Jadi, kami dari hari pertama, saya sudah mempersiapkan diri untuk itu. Jadi ketika lisensi itu datang, kami tidak terpukul. Tidak terlalu terpukul. Jadi ini juga yang membedakan kami dengan banyak kompetitor yang hanya ingin masuk dan kemudian ingin masuk dan kemudian menerapkannya secepat mungkin. Jadi kami benar-benar fokus pada apa yang akan diatur oleh regulator dan kemudian bagaimana teknologi untuk bisnis yang berkelanjutan.

(28:50) Jeremy Au:

Bagaimana Anda mengetahui kunci Bluetooth versus Smart IOT? Karena ya, Anda dapat mengetahui bahwa lisensi akan datang suatu hari nanti, dan sebagainya, tetapi bagaimana Anda tahu? Karena itu, seperti yang Anda katakan, begitu mereka memilih kunci Bluetooth, mereka terkunci dengan benar, lalu mereka membuang armadanya begitu regulasi datang. Tapi bagaimana kau tahu? Atau kau hanya beruntung.

( Htay Aung:

Saya pikir pertama-tama, apa yang saya sampaikan, Mobike benar-benar melakukan itu sejak hari pertama. Mereka melakukan itu dari Cina. Mereka melakukannya untuk Singapura, tetapi untuk memulai dengan bus, Mobike memiliki tim elit, manajemen mereka, lima orang yang sangat elit, lima orang yang sangat terhormat. Jadi sejak hari pertama, visi mereka sudah siap. Mereka berasal dari industri mobil, NEO yang sangat elit. Pendiri NEO sebenarnya adalah salah satu pemegang saham Mobike. Jadi, mereka datang dari industri yang sudah membuat mobil, bukan? Semua mobil yang bisa mengemudi sendiri dan segala sesuatunya. Jadi berbagi sepeda, IOT, tidak ada artinya bagi mereka. Jadi saya pikir itulah mengapa Mobike memiliki awal yang sangat, sangat kuat. Dan pada akhirnya pertanyaannya adalah kami adalah perusahaan teknologi. Maksud saya, kami adalah perusahaan TNT. Saya ingin menyebutnya sebagai perusahaan teknologi dan transportasi. Jadi, jika Anda hanya memiliki kunci Bluetooth yang tidak memiliki data, kami hanyalah perusahaan transportasi murni.

Itu tidak seksi di abad ke-21 ini. Hal itu tidak berguna bagi kami untuk berkembang. Jadi kami, sejak hari pertama, kami tahu bahwa kami, 50% dari kami adalah perusahaan teknologi. Jadi kami ingin, sejak hari pertama, kami ingin memiliki dengan atau tanpa regulasi, kami ingin memiliki smart lock IOT yang memberikan kami data. Jadi ini adalah bagaimana kami merencanakannya. Jadi bukan bagaimana kita tahu sebelumnya atau bagaimana kita tahu akun regulasi. Tidak seperti itu.

(30:05) Jeremy Au:

Ya, dan ketika Anda melihat, orang-orang mulai keluar, bukan? Jelas karena, seperti yang Anda katakan, beberapa dari mereka menghabiskan deposito pelanggan mereka dan kemudian bangkrut, dll. Jadi Anda harus mulai mengambil alih armada. Mengapa Anda mengambil keputusan untuk mengambil alih armada? Karena, terkadang armada-armada tersebut bisa dihapuskan atau apa pun. Bagaimana Anda melakukan pendekatan dalam proses akuisisi tersebut?

( Htay Aung:

Benar? Jadi, ada banyak sekali. Tadi, saya rasa Anda juga menyinggung soal VC, kan? Jadi, ada yang benar-benar berbicara dengan beberapa VC selama tahun 2019. Kami sebenarnya telah mencapai kesepakatan dengan salah satu VC, memberi kami valuasi yang kami inginkan, tetapi kami tidak mengambil uangnya karena cara kami ingin membelanjakan uang tersebut sangat berbeda. Jadi VC yang satu ini, mereka ingin menggunakan uang yang kami kumpulkan untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya, yaitu mengakuisisi pelanggan melalui iklan. Mereka ingin meningkatkan pengunduhan aplikasi dalam waktu sesingkat mungkin. Jadi saya sangat tidak setuju dengan hal itu. Mengapa saya menyampaikan hal ini adalah karena banyak perusahaan yang merasa karena mereka menerima uang VC, mereka hanya membuang uang dan menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan pelanggan dengan gratis. Dan kemudian Anda dapat melihat iklan di mana-mana untuk mendapatkan selebriti, mendapatkan selebriti di Cina atau ponsel untuk selebriti. Mereka mendapatkan sesuatu yang membuat saya iri.

Dan kemudian mereka juga memiliki promosi seperti 5 juta, yaitu 1 juta SGD per bulan. Setiap hari, Anda bisa memenangkan 20 iPad, Apple Watch tanpa batas. Jadi, ini adalah jenis uang yang VC yang mencapai jangka waktu dengan saya, ingin saya habiskan dalam model perusahaan tercepat. Bagi saya, saya sangat tidak setuju karena itu akan membunuh bisnis. Bagaimana jika saya mendapatkan 1 juta pengguna melalui semua saluran akuisisi pelanggan seperti, YouTube atau Instagram atau Facebook atau apa pun, bukan? Jika kualitas sepeda saya, jika backend saya, dan jika sepeda saya tidak ada di sana, mereka mengunduh aplikasi, mereka tidak melihat sepeda, mereka tidak akan menggunakannya. Jadi saya berdebat dengan VC dengan mengatakan bahwa uang ini, sebagian besar uangnya, ingin saya gunakan untuk membeli sepeda, meningkatkan kualitas sepeda. Saya ingin orang-orang melihat sepeda setiap hari, melihat bahwa sepeda ini adalah sumber yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan, sepeda yang bagus dan bersih, dan mengunduh aplikasinya. Bukan karena mereka melihat iklan dan mengunduh aplikasinya, lalu tidak melihat sepedanya. Jadi, hal ini juga membuat Anywheel sangat berbeda dengan perusahaan lain yang sangat bergantung pada uang VC.

Terkadang saya berpikir bahwa para pendiri perusahaan ini tahu apa yang mereka lakukan, tapi mereka tidak bisa mengendalikannya. Mereka harus berekspansi dengan cepat untuk mengumpulkan lebih banyak dana karena mereka sangat membutuhkannya. Bagi kami, kami tidak menggunakan pendekatan seperti itu. Jadi kami mencoba untuk mengumpulkan uang sebelumnya, tetapi tidak berhasil. Namun tentu saja, pertanyaan berikutnya yang mungkin Anda miliki adalah bagaimana cara mendapatkan uang? Saya pergi dan berbicara dengan orang tua saya, maksud saya, mereka memiliki beberapa properti di Singapura. Saya, tawaran saya di sana, saya mengatakan kepadanya bahwa, oke, Anda memiliki beberapa anak laki-laki, beberapa properti sebenarnya, saya pikir itu untuk saya, Anda pada akhirnya akan memberikannya kepada saya. Mengapa Anda tidak memberikannya kepada saya sekarang? Jadi saya menjual properti di Singapura yang dimaksudkan untuk saya sendiri atau untuk anak-anak saya. Jadi itu sangat sulit. Tapi ya, jadi perusahaan seperti ini sangat berbeda dengan perusahaan lain, bukan hanya karena kami mengenal pasar Singapura dengan lebih baik. Kami juga tidak mengambil keputusan yang sangat menyakitkan untuk tidak mengambil uang VC untuk benar-benar mengendalikan nasib kami sendiri dan jadwal kami sendiri, yang membawa kami ke hari ini, dan itu adalah bagian pertama.

Jadi bagian kedua adalah untuk sepeda motor SG, saya pikir Anda berbicara tentang akuisisi sepeda motor SG tahun ini. Saya merasa bahwa sebagai operator terbesar, kami harus memiliki tanggung jawab untuk mengambil alih karena dalam syarat dan ketentuan, saya tidak terlalu yakin apakah mereka akan mengembalikan kredit yang tidak terpakai atau tidak. Dalam syarat dan ketentuan mereka, mereka seharusnya tidak mengembalikannya, karena mereka sudah mengatakan bahwa itu sudah dibayar dan sebagainya, bukan? Mereka sudah menanggungnya. Namun bagi saya, saya berpikir bahwa jika mereka memilih untuk tidak mengembalikan, bahkan mereka memiliki hak untuk tidak mengembalikan, hal itu akan menimbulkan kesan negatif terhadap industri berbagi sepeda di Singapura dan di seluruh wilayah. Dan kami sebagai pemain yang tersisa dan pemain terbesar tidak bisa membiarkannya. Kami telah menghabiskan empat atau lima tahun terakhir untuk melakukan yang terbaik untuk membangun reputasi industri ini, tidak hanya kami, tetapi juga industri ini, untuk mendapatkan kepercayaan kembali dari masyarakat Singapura terhadap berbagi sepeda. Kami tidak bisa membiarkan perusahaan lain yang tidak dapat kami kendalikan untuk menghancurkan ini, menghancurkan apa yang telah kami bangun. Jadi, saya mendekati pendiri SG Bike, yang juga merupakan teman baik saya. Kami memang kompetitif, namun kami juga selalu saling mengecek satu sama lain untuk melihat apakah ada kemungkinan untuk mengambil alih.

Sehingga yang kami lakukan adalah kami tidak mengambil alih armada apa pun. Kami tidak mengambil alih tanggung jawab apa pun. Yang kami ambil alih hanyalah pengguna. Jadi semua kredit yang tidak terpakai di SG Bike sekarang ditransfer ke Anywheel, tidak hanya itu, jika mereka memilih untuk bergabung lebih awal ke platform Anywheel, mereka akan mendapatkan $10 lebih banyak. Jadi tidak ada alasan bagi pengguna untuk mengeluh karena sekarang mereka menggunakan layanan yang sama di platform yang lebih besar dan lebih baik, dan pada saat yang sama, mereka memiliki lebih banyak kredit untuk digunakan. Jadi pengambilalihan ini benar-benar murni untuk menjaga reputasi industri ini. Hal ini sebenarnya lebih banyak merugikan kami. Kami menghabiskan banyak uang untuk memberikan kredit, meskipun kami memberikan banyak kredit kepada semua pengguna, yang merupakan uang yang sangat besar pada saat yang bersamaan. Kami juga khawatir dengan risiko reputasi karena hingga saat ini, bahkan beberapa wartawan salah paham bahwa kami mengambil alih armada mereka. Bahkan beberapa orang salah paham bahwa sepeda-sepeda itu, yang ada di jalan saat ini, adalah milik Anywheel sekarang, karena kami mengambil alihnya, tanggung jawab kami untuk membersihkannya, padahal tidak. Dan juga, kami menanggung banyak risiko reputasi, tetapi kami masih merasa bahwa ini adalah perang untuk perang, dan ini adalah hal yang bertanggung jawab untuk kami lakukan untuk memastikan bahwa reputasi itu tidak ternoda.

(34:34) Jeremy Au:

Dan bisakah anda berbagi tentang saat-saat dimana anda menjadi berani?

(34:37) Htay Aung:

Jadi, ya. Jadi hanya sebuah waktu. Jadi, karena beberapa tahun sudah siap jadi saya bisa membagikan pendapatan 2018 kami, bukan pendapatan laba untuk seluruh Anywheel adalah lima dolar Singapura. Dan kemudian seluruh pendapatan kami di tahun 2019 untuk Singapura, saya pikir hanya sekitar 70.000 lima digit. Jadi, ini sudah menjadi masalah besar. Ini adalah antara berhasil atau gagal dalam arti seperti dewan direksi saya, investor saya, teman saya, semua orang yang berinvestasi pada saya, mungkin kita harus menutupnya. Kami sudah mencobanya, sudah dicoba. Namun pada saat itu, semua aplikasi kami, semua backend kami, semua kunci kami masih dialihdayakan. Dan saat itu 70% dari kunci kami, sepeda tidak bisa dibuka. Karena kuncinya tidak stabil, aplikasinya tidak stabil. Jadi saya merasa belum memberikan yang terbaik, belum bersenang-senang dengan perusahaan ini, belum benar-benar mengoperasikan perusahaan ini. Dan, itu satu hal. Hal lainnya adalah, pada saat itu, karena meskipun kami memiliki 10.000 sepeda motor di jalan, 70% tidak berfungsi, tetapi kami memiliki lisensi terbesar di Singapura. Pada saat itu.

Dan kemudian beberapa perusahaan karena kepadatan berbagi sepeda di tahun 2019 masih menjadi topik yang dibicarakan oleh banyak investor dan VC di tahun 2019 sebelum benar-benar meledak. Jadi saya menolak VC dan kemudian saya juga menolak buyout. Jadi, itu adalah dua tawaran buyout yang akan memberi saya 4 juta laba bersih. Dalam benak saya, saya hanya berpikir, saya berbicara dengan diri saya sendiri, apakah saya harus menjualnya? Karena saat berusia 30 tahun, ini adalah usaha pertama saya yang sesungguhnya. Saya pergi dengan 3, 4 juta laba bersih. Saya pikir saya sukses jika saya melakukannya. Namun, sesuatu yang ditanyakan oleh ayah saya benar-benar membuat saya mengubah keputusan saya. Yaitu, jika Anda tidak menjual, menurut Anda di mana perusahaan ini bisa berkembang? Apakah Anda pikir Anda telah benar-benar mencapai potensi penuh Anda dengan perusahaan ini? Apakah Anda akan menyesalinya suatu hari nanti? Bagi saya, saya seperti, ya, saya memiliki 10.000 pembeli, 7.000 di antaranya tidak bekerja, Anda tahu saya menjual, saya memiliki uang sebanyak ini untuk dijual karena, murni karena lisensi saya, bukan karena armada saya dan sebagainya. Jadi jika saya mengatakannya, saya akan merasa tidak bangga.

Bahkan saya pergi dengan 4 juta dolar Singapura. Saya tidak akan bangga dalam arti bahwa saya tidak melakukan apa-apa dengan perusahaan ini. Saya hanya belajar kegagalan, maju terus, saya hanya belajar kegagalan. Jadi saya pikir saya cukup berani untuk menolak 4 juta laba bersih. Saya cukup berani untuk menolak VC dan pergi ke orang tua saya, eh, menawari mereka, mengatakan bahwa, maksud saya, mereka sangat, sangat, sangat sehat, Anda akan memberikannya kepada saya pada akhirnya. Mengapa tidak melakukannya sekarang? Kemudian setelah itu saya sangat bersyukur bahwa mereka memberikan properti tersebut kepada saya. Mereka seharusnya memberikannya kepada saya 30, mungkin 30, 40 tahun ke depan.

Dan kemudian saya menjualnya. Saya menjual properti tersebut dalam beberapa bulan dan kemudian mengalirkan semua uangnya ke Anywheel. Jadi saya pikir itu sangat berani karena pada saat itu, saya sudah memiliki anak pertama. Saya sudah menikah, punya anak pertama. Dan kemudian istri saya juga memiliki banyak kekhawatiran. Anda tahu, mungkin Anda bisa pergi dengan uang 4 juta jika Anda tidak melakukannya, Anda bisa mengambil uang VC jika Anda tidak melakukannya. Anda sudah memiliki beberapa properti yang akan berada di bawah Anda jika Anda tidak pergi dan mengacaukannya, dan kemudian memulai sesuatu itu. Jadi banyak tanda tanya, bahkan saya berpikir sendiri selama beberapa bulan tapi ya, saya tetap memutuskan untuk melakukannya.

Jadi saya pikir itu cukup berani dan sampai sekarang, saya sangat bersyukur telah mengambil keputusan tersebut. Masih belum cukup untuk membeli kembali properti-properti itu, tapi saya pikir arahnya sudah ada, kami meraih keuntungan pertama kami, secara operasional menguntungkan tahun lalu. Dan kemudian tahun ini, Q2 telah berakhir, kami baru saja menutup Q2 kami, Q2 tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Di Q2 yang sama, kami naik sekitar 30% dalam hal pendapatan dan dalam hal pendapatan, pengguna, dan jumlah penumpang. Jadi, perusahaan belum melambat. Ini adalah sesuatu yang saya tuliskan, sehingga saya mengambil keputusan tersebut daripada mengambil 4 juta dan daripada mengambil laba bersih 4 juta setelah dikurangi semua uang yang saya investasikan dan juga keputusan untuk terus memompa lebih banyak uang ke dalam perusahaan ini.

(37:44) Jeremy Au:

Wow, terima kasih banyak telah berbagi. Jadi, dengan catatan itu, saya ingin meringkas tiga hal penting yang saya dapatkan dari percakapan ini. Pertama-tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang inspirasi awal Anda dalam mendirikan Anywheel ketika Anda masih menjadi mahasiswa yang pindah ke Singapura dan mengambil kesempatan untuk belajar di Australia, pergi ke Tiongkok untuk melihat apa yang harus dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan. Benar-benar menginspirasi untuk mendengar bagaimana Anda akhirnya pergi ke sana, bahkan mendapatkan sepeda pertama Anda, bukan?

Kedua, terima kasih banyak telah berbagi tentang bagaimana proses Anda dalam meluncurkan dan mengembangkan perusahaan. Jadi kesalahan yang Anda buat dalam hal memesan sepeda yang belum dirakit hingga memesan 1000 sepeda pertama Anda, tetapi Anda tahu, kuncinya tidak berfungsi. Jadi Anda harus mengubahnya. Jadi saya rasa sangat menyenangkan mendengar kesalahan-kesalahan tersebut, tapi saya rasa itu sangat menarik, terutama bagian di mana Anda berbicara tentang apa saja yang harus ditiru. Dan apa saja yang tidak boleh ditiru dalam hal operasi, dalam hal harga, dalam hal deposit. Jadi banyak sekali pembelajaran di sana.

Terakhir, terima kasih banyak telah berbagi tentang, saya pikir masa-masa sulit, terutama seputar modal dan poin-poin keputusan, bukan? Jadi, Anda menyebutkan tentang masa-masa awal, Anda dapat menggalang dana dengan teman dan keluarga, tetapi kemudian Anda mengatakan ada beberapa poin yang dapat Anda putuskan untuk menjual, mencairkan uang, karena perusahaan tidak berjalan dengan baik, hingga menolak uang VC, menolak tawaran pembeli, menggunakan lebih banyak uang Anda sendiri untuk bekerja. Bahkan menggunakan uang tersebut untuk mengakuisisi pemain lain. Sangat menarik untuk mendengar perjalanannya dan terima kasih banyak telah berbagi.

( Htay Aung:

Tidak, terima kasih. Terima kasih, Jeremy, karena telah memberikan saya platform ini untuk berbagi cerita tentang Anywheel.